Status Lampu Kuning, Sumbawa Perlu Waspadai Keberadaan Teroris

Sumbawa, PSnews – Pangdam IX Udayana – Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak menegaskan, saat ini Indonesia berada dalam kondisi lampu kuning, terkait kegiatan terorisme dan keberadaan kelompok radikal ISIS. Keadaan tersebut juga berlaku di Sumbawa, meski terlihat aman, nyaman dan rukun, sehingga perlu awas dan waspada.

“Sumbawa dianggap nyaman, aman rukun. Tapi dibalik kerukunan itu kita harus awas dan waspada. Kapada prajurit saya katakan, naluri militernya harus tetap jalan,’’ katanya, kepada wartawan usai kegiatannya di Kodim 1607 Sumbawa, Rabu (9/8/2017).

Ditegaskan, faham radikal tidak lagi menjadi rahasia umum. “Buktinya ada. Bisa didengar kemarin, ada oknum Brimob yang pingsan di Bali dan senjatanya dirampas. Tidak menutup kemungkinan di Sumbawa juga demikian,’’ ungkapnya.
Menurut Komaruddin, baik kegiatan terorisme maupun kelompok ISIS sangat mungkin berada di wilayah sekitar dan tidak tampak dengan mata. Namun kegiatan-kegiatan radikal tersebut sangat nyata dapat dilakukan.

Diungkapkan, Indonesia saat ini berada dalam kondisi lampu kuning terkait dengan kegiatan terorisme dan kelompok ISIS. Dan kegiatan terorismen tersebut merupakan musuh bersama negara-negara di dunia. “Di Suriah sudah tidak nyaman. Mereka sudah terdesak. Pimpinannya (ISIS,red) perintahkan, kembali ke negara masing-masing dan lakukan kegiatanmu di situ agar tetap eksis. Itu yang patut diwaspadai. Baik tertorisme ataupun ISIS. Tidak tampak dengan mata, tapi nyata kegiatan itu bisa dilakukan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.