Pendaftaran CPNS Berlangsung Hingga Akhir Agustus

Sumbawa, PSnews – Akhirnya yang ditunggu-tunggu para pencari kerja telah tiba.  Dimana pada bulan Agustus ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) sudah membuka lowongan CPNS 2017 melalui situs resminya sscn.bkn.go.id.

Terkait kabar baik ini, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa – A Gani Nasby mengatakan, para pencari kerja atau warga Sumbawa khususnya dapat mengikuti tes CPNS. Karena kesempatan ini terbuka untuk semua dan secara luas. “Tes CPNS ini silahkan direbut. Karena peluangnya untuk masyarakat seluruh Indonesa.  Siapa tau ada warga kita yang bisa masuk,’’ jelasnya kepada wartawan.

Menurutnya, peluang CPNS di tahun ini sangat baik. Karena tidak hanya diperuntukan bagi tamatan jenjang Diploma ataupun Sarjana. Namun juga diberikan peluang bagi tamatan SMA. Sehingga pihaknya berharap agar masyarakat Sumbawa dapat memanfaatkan media elektronik, yang mudah mengakses internet dalam mencari informasi. “Kami memberikan pembinaan dan pengarahan dalam memanfaatkan IT. Guna bisa bersaing dan meningkatkan ilmu mereka,’’ ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memberikan formasi PNS yang dibutuhkan Kabupaten Sumbawa. Namun, formasi tersebut tidak serta merta dapat diberikan. Begitu pula dengan tes CPNS oleh Menpan ini. Belum ada formasi yang diberikan dari Menpan. Pihaknya pun masih menunggu perintah dari pusat berupa surat resmi. “Informasi pengadaannya belum ada. Kalau ada pasti kita sampaikan. Yang jelas kesempatan ini dibuka untuk masyarakat seluruh Indonesia,’’ tandasnya.

Untuk diketahui, setidaknya ada 19.210 formasi yang disediakan pemerintah dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga negara, yakni Mahkamah Agung serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Adapun formasi untuk kedua lembaga tersebut masing-masing 1.684 orang dan 17.962 orang.

Formasi untuk MA tersebut meliputi calon hakim pada peradilan umum, agama, dan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, syariah, dan hukum Islam. Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai penjaga lembaga pemasyarakatan (Lapas) hingga analis keimigrasian. Adapun untuk analis keimigrasian dibutuhkan 2.278 orang dengan kualifikasi minimal sarjana dari berbagai jurusan, di antaranya hukum, sosial-politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer, dan bahasa asing.

Informasi lebih jelas mengenai rekrutmen CPNS ini dapat dilihat di situs berikut ini. Situs Kementerian PAN-RB : https://www.menpan.go.id, Situs Badan Kepegawaian Negara: https://sscn.bkn.go.id, Situs MA: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum.mahkamahagung.go.idhttp://badilag.mahkamahagung.go.idhttp://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/, Situs Kementerian Hukum dan HAM: http://cpns.kemenkumham2017.go.id(PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *