Lantung Gelar Roadshow Mart Hasil Tanaman Organik Pekarangan

Sumbawa, PSnews – Lantung merupakan salah satu dari 24 kecamatan yang ada di dalam wilayah Kabupaten Sumbawa. Sejauh ini Lantung sangat jarang dikunjungi orang lantaran masih tergolong sebagai kecamatan terpencil, dimana akses jalan menuju ke daerah tersebut sering rusak karena serangan air hujan. Sehingga kecamatan tersebut tampak gersang seperti kurang diurus. Daerah yang dulu dihimpit oleh hutan lebat, berubah menjadi gersang. Namun seperti disulap, beberapa bulan terakhir, wilayah kecamatan tersebut berubah menjadi taman bunga dan tanaman produktif. Bila tahun-tahun sebelumnya anda berkunjung ke Lantung dengan wajah kusut karena gersang, sekarang bibir anda akan tersenyum menyaksikan rumah-rumah penduduk dipenuhi bunga berbagai jenis.

Wajah Lantung saat ini

Bahkan Kecamatan Lantung telah ditetapkan sebagai daerah AgroWisata yang mulai berkembang. Selain menampilkan kampung wisata dengan berbagai warna pada bangunan rumah masyarakat, di wilayah setempat juga sedang mengembangkan tanaman organik pekarangan. Dan hasilnya mulai dipamerkan ke masyarakat luas dengan menggelar Roadshow Mart ke sejumlah kecamatan.

Camat Lantung – Iwan Sofian yang ditemui media ini mengaku, dalam beberapa bulan terakhir masyarakat sekitar mulai mengembangkan berbagai tanaman organik yang bisa tumbuh dengan memanfaatkan pekarangan warga, seperti cabai, terong, tomat, kul, sawi, bawang, kangkung, jeruk nipis dan lainnya. Bahkan untuk memberikan semangat kepada masyarakat sekitar, sudah dibentuk asosiasi tanaman pekarangan organik.

Camat Lantung ~ Iwan Sofian bersama warga melakukan aksi gotong royong

Dilanjutkan, pihaknya manfaatkan barang bekas yang dikumpulkan oleh anak-anak di SD Lantung Ai Mual sebagai media pot. Ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan dari tanaman yang dikembangkan. Selain itu juga agar tanaman tersebut siap dipamerkan dan dijual dalam Roadshow. “Tentunya peran Pemerintah sangat penting. Untuk itu kami memasukkan surat ke Pak Bupati, kami memohon beliau untuk melakukan uji petik di perkampungan ini,’’ harapnya.

Dengan keberhasilan tersebut, maka pada hari Minggu kemarin, pihaknya bersama sejumlah masyarakat Lantung menggelar pameran bertajuk Roadshow Mart hasil pekarangan dari kampung AgroWisata Lantung di Taman Mangga Sumbawa. Yang melibatkan para Manajer BUMDes sebagai ajang latihan dan juga sebagai sarana mengukur pasar Agro yang akan menjadi salah satu andalan Kecamatan Lantung,  juga melibatkan TP PKK Kecamatan Lantung dan TP PKK seluruh Desa sebagai penggerak utama pemanfaatan pekarangan. ‘’Kami tidak pernah menyangka barang yang kami pamerkan kemarin bisa terjual sampai Rp 900 ribu, padahal itu hanya contohnya saja yang kami bawa. Dari hasil itu kami kembalikan kepada masyarakat. Mereka tidak pernah berharap bahwa itu ada imbas ekonominya,’’ tuturnya.

Beberapa jenis tanaman produktif yang dipamerkan

Selain itu, pihaknya juga berencana menggelar kegiatan serupa di kecamatan lainnya. Dalam waktu dekat dijadwalkan pelaksanaan roadshow ke Pantai Jempol Kecamatan Labuhan Badas. Sejauh ini komunikasi dengan Camat Labuhan Badas sudah dilakukan. Termasuk dengan Pokdarwis maupun BUMDes setempat untuk bersama-sama menjalankan kegiatan dimaksud. ‘’Kami tidak hanya menggelar pameran ini untuk wilayah Sumbawa saja, tapi juga diwilayah timur dan barat,’’ demikian Iwan.

Bahkan kemarin, masyarakat sekitar bersama Kepala Desa dan unsur Forkopimka Kecamatan Lantung melakukan gotong royong dari Simpang Lito menuju Lantung termasuk melakukan pengecoran jalan di tanjakan Paruak Ai Bawi. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin agar akses menuju kampung AgroWisata Lantung dapat lancar. ‘’Kegiatan ini juga sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BBGRM dan HUT RI ke 72  tahun 2017,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *