Bupati Sumbawa Segera Evaluasi Kinerja ASN

Sumbawa, PSnews – Mutasi ratusan Aparat Sipil Negara (ASN) di penghujung 2016 nampaknya belum berjalan sesuai harapan Bupati Sumbawa M Husni Djibril. Tidak sedikit pejabat yang merasa kurang tepat dengan tugas baru yang dipercayakan. Bahkan dari pantauan media ini, hampir semua instansi di jajaran Pemkab Sumbawa ada saja ASN yang mengeluh, kecewa dan terlihat tidak bersemangat dalam bekerja. Kondisi ini dianggap sebagai salah satu pemicu lambannya penyerapan anggaran Pemkab Sumbawa tahun ini.
Bupati Sumbawa – M Husni Djibril bakal melakukan evaluasi terharap kinerja ASN di lingkup Pemkab Sumbawa. Pasalnya diketahui ada beberapa pegawai yang malas melaksanakan tugas ketika ditempatkan di daerah terpencil, seperti di Kecamatan Ropang dan Kecamatan Lantung. Hal ini diakui oleh camat di dua wilayah setempat. Upaya pembinaan sudah dilakukan namun tidak mempan. ASN itu tetap tidak betah melaksanakan tugasnya sesuai lokasi dan penempatannya. “Seharusnya jika ada ASN yang jarang masuk seperti itu, laporkan ke saya, agar ada tindakan yang bisa diambil. Apakah ini hanya sebuah isu atau fakta saya belum mengetahuinya. Tapi sebenarnya dimana saja ASN ditempatkan mereka harus terima sesuai sumpah jabatannya,’’ tegas bupati kepada wartawan Rabu (21/6/2017).

Harusnya, masalah seperti itu sudah tuntas ditangani oleh Camat dengan memberikan pembinaan kepada aparaturnya. Jika memang tidak juga mempan, maka akan ada tindakan selanjutnya bahkan ancaman sanksi berat yang akan diterima. “Kita juga tidak serta merta menegur secara keras. Tapi kita lakukan pembinaan lebih dulu, sebelum ke arah sanksi yang lebih berat lagi,’’ tandasnya.

Di bagian lain Bupati juga menyentil ASN yang kerap mengeluh dan menuding dirinya yang salah dalam penempatan pejabat. Padahal ASN tersebut tidak tahu diri telah berbuat salah. Sikap ASN seperti itu, ungkap Bupati, kemungkinan karena dirinya selaku pimpinan terlalu bijak sehingga selalu menganggap remeh sesuatu. “Mereka semua saya hormati dan hargai, tidak pernah saya kasari. Tapi kalau terus mengganggap saya remeh, tinggal tunggu tanggal mainnya karena mereka akan dapat hasilnya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *