Usai Lebaran, TP4D Cek Penggunaan ADD Lunyuk Rea

Sumbawa, PSnews – Tim Pemantau Pengawal, Pengawas dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Sumbawa seusai Idul Fitri berencana mendatangi Kantor Desa Lunyuk Rea Kecamatan Lunyuk guna pemeriksaan lanjutan dari Inspektorat setelah desa bersangkutan diberi pembinaan.

Ketua TP4D Kabupaten Sumbawa – Erwin Indrapraja SH, MH, Senin (19/6/2017) mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan yang dilakukan Inpesktorat. Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan langsung mengecek hasil pemeriksaan tersebut di lokasi. “InsyaAllah, habis lebaran nanti kita akan turun ke lokasi untuk pemeriksaan,’’ ujar Erwin yang juga Kasi Intel Kejari Sumbawa.

Diungkapkan, hasil pemeriksaan dari inspekotrat telah diterimanya pada minggu lalu. Saat ini, berkas tersebut sedang dalam penelaahan.  Hal ini harus dilakukan karena pihaknya tidak serta merta menerima hasil pemeriksaan Inspektorat yang biasanya masih dalam tahap pembinaan desa. Nantinya dari penelaahan yang dilakukan itulah indikasi penyimpangan atau perbuatan melanggar hukum baru diketahui.

Memang setiap desa yang berindikasi adanya penyimpangan pada ranah Inspektorat akan  dilakukan pembinaan terlebih dahulu.  Itu dilakukan agar desa yang bersangkutan diberikan kesempatan memperbaiki pekerjaan yang terindikasi tersebut. Begitu pula pada dugaan kasus di Desa Lunyuk Rea. Dimana pihak desa telah diberi waktu menyelesaikan pekerjaan yang belum rampung maupun memperbaiki pekerjaan yang diduga tidak sesuai spesifikasi. Namun, kabarnya hingga saat ini beberapa pekerjaan tersebut belum juga dikerjakan. ‘’Jika masih dalam ranah Inspektorat, setiap desa dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Tetapi jika ada penyimpangan disitulah TP4D yang bertindak,’’ jelasnya.

Untuk diketahui, indikasi yang berkembang di Desa Lunyuk Rea yang menggunakan dana ADD itu diantaranya dugaan pekerjaan gedung serba guna, fasilitas air bersih, yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi, dan  ada juga dugaan beberapa pekerjaan yang belum rampung dikerjakan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *