Serapan Anggaran Pemkab Sumbawa Mulai Tunjukkan Trend Positif

Sumbawa, PSnews – Realisasi penyerapan anggaran APBD Kabupaten Sumbawa saat ini menunjukkan trend positif. Dimana dari sekitar 23 persen pada bulan Mei menjadi 26,62 persen pada pertengahan Juni 2017. Namun demikian pencapaian ini masih jauh dari target yang direncanakan sebesar 48 persen pada 30 Juni mendatang.

Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – M Lutfi Makki kepada wartawan. Setelah dilakukan evaluasi pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, diketahui penyebab utama rendahnya penyerapan anggaran adalah akibat terlambatnya turun regulasi yang dibutuhkan. Kendala ini juga dialami oleh beberapa daerah lain di NTB, bahkan secara nasional. Karena regulasi tentang penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD) baru turun akhir bulan April dan disosialisaikan pada awal Mei. Bahkan dalam beberapa program DAK masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk operasional yang terus berubah setiap tahunnya.

Meskipun demikian, lanjut Lutfi, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa bersama seluruh unsur pimpinan daerah terus menggenjot kinerja aparat pemerintah agar realisasi penyerapan anggaran bisa terwujud tepat waktu dan memberi kontribusi positif bagi keberlangsungan semua sektor pembangunan. “Jajaran Pemerintah ingin menjawab setiap permasalahan yang muncul dengan kerja, kerja dan kerja,’’ jelasnya.

Terkait sorotan dan kritik dari beberapa kalangan terhadap kinerja aparat Pemkab Sumbawa yang terkesan lamban, pihaknya memberikan apresiasi yang mendalam. Namun demikian tetap mengharapkan agar setiap kritik yang disampaikan bersifat konstruktif, disampaikan secara proporsional dan wajar sesuai tata krama dan norma yang luhur. Kritik yang konstruktif dibutuhkan, sehingga bisa menjadi spirit untuk maju, spirit kebersamaan, tidak menjadi polemik yang meluas dan menghabiskan energi begitu saja. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment