Sepekan Terakhir Sumbawa Kirim 105 Ekor Sapi per Hari

Sumbawa, PSnews – Pengiriman hewan ternak khususnya sapi dari Kabupaten Sumbawa ke luar daerah menjelang lebaran tahun ini mengalami peningkatan. Dari yang biasanya 75 ekor per hari, kini bisa mencapai 105 ekor perharinya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa – Talifuddin menjelaskan, meningkatnya jumlah pengiriman ini dikarenakan tingginya permintaan dari luar daerah, seperti dari Pulau Lombok, Jawa, Sulawesi hingga Kalimantan. “Selama sepekan terakhir ini kita telah mengirimkan 105 ekor sapi per harinya. Pengiriman ini mengikuti kebutuhan yang meningkat,’’ terangnya kepada wartawan.

Diungkapkan, yang paling banyak permintaan dari luar daerah yakni jenis sapi ternak dan potong. Untuk kuota pengiriman di tahun 2017 sendiri, Sumbawa mendapat kuota sebesar 16 ribu ekor untuk sapi potong dan 2500 ekor sapi bibit. “Setelah ini, pengiriman akan normal kembali sebanyak 75 ekor per harinya,’’ terangnya.

Meskipun pengiriman kali ini meningkat dari biasanya, tidak akan mempengaruhi ketersediaan sapi di Kabupaten Sumbawa. Sebab tercatat ada sekitar 238 ribu ekor populasi sapi di Sumbawa saat ini. Bahkan untuk kebutuhan daging sapi untuk Sumbawa menjelang lebaran ini pun masih aman. “Masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan sapi ataupun ternak lainnya menjelang Idul Fitri. Persediaan daging kita tidak ada masalah,’’ demikian Talif. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *