SMAN 2 Wakili Kabupaten Sumbawa di LCC Provinsi NTB

Sumbawa, PSnews – SMA Negeri 2 Sumbawa kembali membuktikan diri menjadi yang terbaik untuk Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan tingkat Kabupaten Sumbawa. Pada LCC yang digelar di Aula SMKN 1 Sumbawa, Kamis (17/5), SMAN 2 Sumbawa berhasil mempertahankan gelar juara, setelah pada babak final berhasil mengalahkan MAN 1 Sumbawa dan SMAN 1 Lunyuk. Sehingga dipastikan bakal mewakili Sumbawa ke LCC tingkat Provinsi NTB.

Lomba yang dibagi dalam tiga babak yakni Topik Kasus, Pilihan dan Rebutan ini berlangsung sangat dramatis. Dari tiga babak ini SMA Negeri 2 bersaing ketat dengan MAN 1 Sumbawa. Kejar mengejar poin pun terjadi dengan selisih poin yang sangat tipis. Suara riuh supporter yang memberikan semangat kepada sekolahnya masing-masing seketika terhenti. Suasana menjadi hening, rona ketegangan tergambar di raut wajah peserta, penonton apalagi pembina dan pendamping. Sebab poin akhir dari MAN 1 dan SMAN 2 Sumbawa seimbang, sama-sama mengoleksi 197 poin. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi pemenang, Dewan Juri menggunakan sistem persentase. Hal ini berdasarkan aturan yang telah disepakati jauh sebelum kompetisi digelar. Hasil akhir, MAN 1 Sumbawa meraih 42,25 persen, sedangkan SMAN 2 Sumbawa 43,00 persen sekaligus ditetapkan sebagai pemenang. Teriakan histeris suporter SMAN 2 Sumbawa seketika memecah kesunyian. Mereka saling berangkulan dan tidak sedikit yang meneteskan air mata. SMAN 2 Sumbawa mencatat sejarah, meraih gelar kelimanya pada LCC Tahun 2017 ini. ‘’Alhamdulillah LCC 4 Pilar Kebangsaan sudah dilaksanakan dengan hasil yang sangat memuaskan,’’ kata Kepala UPT Layanan Dikmen PK/PLK Kabupaten Sumbawa Lalu Manan. Seraya menambahkan untuk LCC tingkat Provinsi yang digelar 23 Mei mendatang, diharapkan SMAN 2 Sumbawa dapat membawa nama harum Sumbawa dan NTB ke tingkat nasional.

Sementara Pembina LCC SMAN 2 Sumbawa, Ida Royani S.Pd M.Pd, mengaku sangat bahagia, setelah tim binaannya berhasil menjadi juara bertahan. Prestasi itu merupakan hasil perjuangan dan kerja keras selama berbulan-bulan. Ia menilai prosesi lomba tersebut sangat menegangkan, mendebarkan dan spektakuler. Ida—sapaan singkat guru bersahaja ini, memuji kemajuan MAN 1 Sumbawa yang sangat signifikan. Sebab dia menyakini bahwa persiapan dan kerja keras tim MAN 1 hampir sama dengan SMAN 2 Sumbawa. Ini terlihat dari nilai yang diraih sangat kompetitif, dan hanya selisih persentase. ‘’MAN 1 sangat luar biasa. Saya meyakini persiapan dan kerja keras mereka untuk menjadi pemenang, tidak jauh beda dengan anak-anak binaan kami,’’ tuturnya.

Untuk diketahui, keberhasilan SMAN 2 Sumbawa meraih juara diawali dari seleksi tingkat Rayon. Sekolah tersebut berhasil mengalahkan SMAN 1 Lape. Selain SMAN 2 Sumbawa ada 6 sekolah lainnya yang mewakili rayon, sehingga pada LCC tingkat kabupaten diikuti 7 sekolah.

Di babak penyisihan, SMAN 2 berhasil mengalahkan MAN 2 Sumbawa. Kemudian MAN 1 mengalahkan SMAN 1 Moyo Utara dan MAN NW Sumbawa. Sementara SMAN 1 Lunyuk mengalahkan SMAN 1 Plampang. Ketiga sekolah yang menang ini masuk babak final. Melalui proses yang menegangkan, MAN 1 Sumbawa dan SMAN 1 Lunyuk, harus mengakui kehebatan SMAN 2 Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *