Pelaksanaan BBGRM Ke 14 Dijadwalkan Juli 2017

Sumbawa, PSnews – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Koordinasi guna memantapkan Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14 tahun 2017, yang rencananya dibuka pada 3 Juli mendatang. Rakor ini terselenggara di aula Madilaoe ADT lantai 3 kantor Bupati Sumbawa, yang dibuka Sekda Sumbawa – H. Rasyidi, dan diikuti sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Kasi Ekbang Kecamatan, Lurah, serta TP PKK Sumbawa.

Dalam laporannya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa – M Ikhsan Safitri menyampaikan, nilai-nilai gotong royong yang tumbu dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu terus dilestarikan secara optimal untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa dan kelurahan serta memperkokoh NKRI. Dalam konteks itulah, untuk mendukung pelaksanaan nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan maka perlu dilaksanakan kegiatan BBGRM yang mengikutsertakan seluruh komponen bangsa.

Sementara Sekda Sumbawa – H. Rasyidi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, nilai-nilai gotong royong hingga saat ini masih sangat kuat dalam masyarakat Samawa yang berbudaya. Nilai-nilai tersebut membutuhkan suatu upaya pelestarian, dan melalui kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat menjadi salah satu upaya pelestarian nilai-nilai gotong royong di dalam masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan khususnya pemberdayaan lembaga kemasyarakatan dalam pelaksanaan pembangunan. ‘’Terkait dengan hal tersebut maka hari ini kita menyelenggarakan rapat koordinasi pemantapan persiapan pelaksanaan BBGRM ke-14 untuk menyamakan persepsi sekaligus memadu serasikan program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Sumbawa, dimana lembaga pemerintah maupun lembaga masyarakat memiliki peran strategis dalam memfasilitasi dan membina peningkatan peran serta masyarakat dengan melakukan upaya-upaya pemberdayaan secara optimal,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda meminta semua pihak untuk dapat mendukung sekaligus memfasilitasi dan membina pelaksanaan BBGRM tersebut sesuai wilayah binaan masing-masing yang dikoordinir oleh para Staf Ahli pada masing-masing tim pengarah BBGRM, dan juga diharapkan agar mensinkronkan kegiatan-kegiatan yang ada pada perangkat daerah dengan kegiatan kecamatan yang akan dilaksanakan selama Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. ‘’Semoga kegiatan BBGRM ke-14 nanti dapat berjalan dengan baik dan menjadi gerakan membangun desa/kelurahan baik fisik maupun non fisik, melestarikan nilai-nilai gotong royong, memperkuat integritas sosial masyarakat di desa dan kelurahan, sekaligus untuk memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia,’’ pungasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *