Tingkat Konsumsi Ikan di Sumbawa Masih Rendah

Sumbawa, PSnews – Tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Sumbawa dinilai masih rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah laut Kabupaten Sumbawa yang luas, yang menyimpan potensi perikanan yang besar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa – Dirmawan pun menyayangkan hal tersebut. Padahal potensi bidang perikanan di Kabupaten Sumbawa cukup tinggi. Apalagi Sumbawa menjadi salah satu daerah pengirim hasil kelautan yang cukup tinggi di Indonesia. Walau begitu, Ia mengungkapkan kalau masyarakat Sumbawa sekarang ini hanya mengkonsumsi ikan 46 kg perkapita pertahunnya. ‘’Sumbawa mempunyai potensi sumber daya kelauatan dan perikanan cukup besar sekali. Dengan panjang pantai lebih kurang 980 kilometer persegi, kemudian kita punya panjang laut lebih kurang 40.000 kilometer persegi,’’ ungkap Dirmawan.

Ir Dirmawan

Terhadap hal ini, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan sudah mengupayakan agar masyarakat dapat mengkonsumsi ikan dari olahan. Salah satunya yaitu melalui gerakan makan ikan yang disajikan melalui perlombaan masak serba ikan antar kecamatan. ‘’Kami juga mengkampanyekan makan ikan ini di semua lini, temasuk juga di sekolah-sekolah, kemudian di lingkungan masyarakat,’’ tambahnya.

Dikatakan, peningkatan konsumsi ikan akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia. Secara langsung, tingkat konsumsi ikan yang tinggi juga akan meningkatkan pemanfaatan potensi ekonomi pasar serta kesejahteraan masyarakat. Khususnya, para pembudidaya dan pengolah hasil perikanan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *