Akui Kesalahan, UPT Layanan Dikmen Jadwalkan Seleksi LCC

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan seleksi Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat Kabupaten Sumbawa akhirnya jadi dilaksanakan. Setelah Kepala UPT Layanan Dikmen PK/PLK Kabupaten Sumbawa Lalu Manan mengakui kesalahannya, karena sebelumnya telah menunjuk secara sepihak SMA Negeri 1 Sumbawa untuk mengikuti lomba dimaksud mewakili Kabupaten Sumbawa ditingkat Provinsi.

Ditemui diruangkerjanya usai melakukan rapat dengan sejumlah Kepala Sekolah, Lalu Manan mengatakan, kalau Ia sudah meminta maaf kepada para Kepala Sekolah terkait persoalan ini. Ia mengaku ceroboh karena mengambil keputusan tersebut. ‘’Saya sudah minta maaf kepada seluruh kepala sekolah, kaitan dengan kecerobohan saya untuk mengambil keputusan yang kemarin itu,’’ tukasnya Senin (8/5/2017).

Diungkapkan, alasan ditunjuknya SMA Negeri 1 Sumbawa untuk mewakili Sumbawa pada LCC tingkat Provinsi, karena memang UPT tidak memiliki anggaran untuk melaksanakan seleksi. Namun kembali Ia menegaskan kalau keputusan yang diambil itu adalah salah. ‘’Saya salah mengambil keputusan itu. Karena di tahun-tahun sebelumnya (LCC) masih dipegang Kabupaten baik itu pembiayaan maupun pelaksanaannya. Sekarang di Provinsi,’’ ujarnya.

Untuk mengklirkan masalah ini, apalagi mendapat protes dari sejumlah orang tua siswa, akhirnya Lalu Manan mengundang sejumlah Kepala Sekolah untuk membicarakan persoalan dimaksud. Dalam rapat itu disepakati untuk melaksanakan seleksi, yang rencananya terlaksana pada 18 Mei mendatang. Seleksi ini, akan dilaksanakan per-rayon. Seleksinya diikuti 26 SMA baik swasta maupun Negeri itu dan 9 MA. ‘’Untuk mewakili per-rayonnya nanti sudah dibagi rayon-rayonnya sesuai dengan rayon waktu pelaksnaan UN tahun sebelumnya,’’ terangnya.

Sementara mengenai anggarannya, sudah dibicarakan dengan para kepala sekolah. Dan sekolah siap untuk menanggulangi, dengan menggunakan dana BOS maupun dana Komite. ‘’Teman-teman Kepala Sekolah mengaku ada punya anggaran, baik  di BOS maupun komite sekolah. Karena ada pos tersendiri untuk kegiatan seperti itu,’’ tandasnya. Seraya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Dikbudpora NTB terkait kegiatan ini. Sehingga dapat dianggarkan ditahun-tahun berikutnya.

Dalam pelaksanaan seleksi nanti, pihaknya tidak akan menggunakan dewan juri dari sekolah. Tapi akan meminta dari Dinas Dikbudpora Sumbawa. Tujuannya agar pelaksanaannya transparan. ‘’Siapapun yang menjadi juara saya tidak akan intervensi sedikitpun. Karena itulah yang akan membawa nama baik Sumbawa ke tingkat Provinsi. Tidak ada kepentingan saya, hanya satu yaitu untuk membawa nama baik Kabupaten Sumbawa ke tingkat Provinsi,’’ demikian Lalu Manan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *