Jalan Provinsi Berlubang di Sumbawa Mulai Diperbaiki

Sumbawa, PSnews – Sepanjang ruas jalan Simpang Boak – Lenangguar dan Lenangguar  – Lunyuk kondisinya banyak yang berlubang, sehingga sangat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama pengendara roda dua.

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Balai Jalan Propinsi Pulau Sumbawa, Jamaluddin MT kepada wartawan, Rabu (19/04) mengatakan bahwa ruas jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah propinsi NTB, dalam hal ini Dinas PU Pera untuk pemeliharaan rutin. Ruas jalan tersebut masuk dalam Pal IV, dari Simpang Boak sampai Lenangguar atau sepanjang 35 kilo meter akan dilakukan pemeliharaan rutin. “Sekarang sudah mulai kita lakukan pemeliharaan rutin, kami sudah mulai membersihkan darainasenya, damijanya (daerah milik jalan) tetapi untuk picing atau menutupi lubang -lubang pada jalan belum dilakukan, pemeliharaan rutin didahuli dengan perambasan rumput liar, normalisasi drainase, sedangkan pengerjaan penutupan lubang jalan masuk ke dalam triwulan ke dua yaitu april, mei, juni. kami akan usahakan bisa selesai sebelum lebaran,” jelas Jamaluddin.

Menurut Jamal Redy akrab pejabat propinsi ini disapa, untuk ruas jalan dari Lenangguar sampai Lunyuk, anggaran pemeliharaannya cukup besar, sekitar Rp 10 miliar karena tingkat keparahannya cukup tinggi. Pemeliharaan rutin untuk pengerjaan penutupan lubang ruas jalan Lenangguar – Lunyuk sepanjang 7 kilo meter, namun pengerjaannya sporadis yaitu hanya memperbaiki bagian jalan yang rusak di sepanjang jalan tersebut, tukasnya.
Dikatakannya, ada juga ruas jalan lainnya yang dilakukan pemeliharaan rutin, yakni ruas jalan di Plampang  – Sekokat (Kecamatan Labangka), dengan anggaran sekitar Rp 7 Miliar. “Untuk ruas jalan ini masih dalam proses tender di BLP Kantor Gubernur NTB. Kepada pengguna jalan, ia menyampaikan permohonan maaf atas kondisi jalan propinsi yang ada di Pulau Sumbawa, namun sepanjang tahun ini pihaknya tetap melakukan pemeliharaan rutin,” tandas Jamal Redy. (PSj)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *