Curanmor Marak, Polres Sumbawa Patroli Keluar Masuk Desa

Sumbawa, PSnews – Salah satu upaya penangkalan, pencegahan, segala bentuk tindak kriminal, sejak seminggu terakhir Satuan Reskrim Polres Sumbawa telah melaksanakan Giat “Kring Reserse” untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Elyas Ericson SH, Sik yang ditemui Rabu (19/04/2017) menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan Kring Reserse membagi habis jumlah personil (anggota Satreskrim) yang melaksanakan patroli keluar masuk sejumlah desa dan kelurahan serta perkampungan yang berada di kota Sumbawa Besar. “Patroli dilakukan mulai pukul 20.00 hingga 01.00 wita setiap malam. Selanjutnya dari pukul 01.00 hingga pagi hari dilanjutkan oleh regu piket Reskrim,” papar Elyas.
Menurutnya, kegiatan “Kring Reserse” dilaksanakan lantaran maraknya kasus curanmor, begitu juga dengan kasus kriminal lainnya. Dari kegiatan ini diharapkan akan mampu meminimalisir angka tindak pidana kriminalitas di wilayah hukum Polres Sumbawa. Selain itu, mampu menindak dan merespon tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Sumbawa dengan cepat dan tepat, sehingga tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja dari Polres Sumbawa. “Kami berharap peran masyarakat untuk menciptakan kepatuhan terhadap hukum dan partisipasi dalam mewujudkan suasana Kamtibmas di lingkungannya masing – masing,” harap Elyas.

Meski dengan keterbatasan personil Reskrim yang ada, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap melaksanakan tugas Kring Reserse pada malam hari,  mengingat turbulensi gangguan keamanan dapat terjadi setiap waktu dan tempat dengan ancaman meningkatnya empat jenis kejahatan, yakni  kejahatan konvensional, kejahatan trans national, kejahatan yang berimplikasi kontijensi, dan kejahatan terhadap kekayaan negara).  Perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi disamping berdampak positif, juga berdampak negatif, dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan dalam melakukan kejahatan, tandasnya. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.