RPP “Bala Late” KPU Sumbawa Resmi Dibuka

Sumbawa, PSnews – Luar biasa inovasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa dalam upaya melakukan pendidikan pemilih pada setiap ajang pemilu.  KPU Kabupaten Sumbawa melakukan dengan cara membangun Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama “Bala Late”. RPP Bala Late itu resmi dibuka pada Kamis (16/03/2017) yang ditandai dengan pemukulan rantok dan pemotongan pita oleh Ketua KPU RI – Juri Ardiantoro.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa – Syukri Rahmat menjelaskan, RPP Bala Late merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan dalam memberi pemanfaatan ruang-ruang kosong untuk bersosialisasi dan edukasi politik bagi masyarakat. Semuanya didesain dalam suatu etnik Samawa (Sumbawa). “Di sini kami tidak sekedar memasang banner di dinding yang berisikan gambar atau tulisan-tulisan pemilu, tapi kami mencoba mendesain dengan nuansa etnik yang sangat indah. Banner kami bingkai dengan atap rumah khas Sumbawa,’’ terangnya.

Salah satu ruangan Bala Late KPU Kabupaten Sumbawa

Untuk mendorong eksistensi RPP ini, KPU Kabupaten Sumbawa secara intens melakukan publikasi kegiatan. Bahkan sebelum RPP ini dibentuk, berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumbawa sering berkunjung untuk belajar dan diskusi terkait politik dan demokrasi di KPU Kabupaten Sumbawa, termasuk para pelajar yang duduk di bangku SMA, MA dan SMK. “Lahirnya Bala Late ini juga berkat jasa dan etikad baik Pemerintah Kabupaten Sumbawa,’’ ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua KPU NTB – Lalu Aksar Anshari mengaku salut dan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan KPU Kabupaten Sumbawa. Hal ini dianggap penting dalam memberikan pemahaman politik kepada masyarakat.

Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah menyatakan, peresmian RPP Bala Late ini merupakan rangkaian persiapan yang dilakukan KPU Kabupaten Sumbawa dan juga dihajatkan nantinya bagi persiapan Pilkada NTB 2018 mendatang. Atas nama Pemda dan masyarakat Sumbawa, Wabup memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Sumbawa yang telah dapat membangun atau menciptakan RPP Bala Late tersebut. “Hasil kerja dari KPU sudah kita lihat pada Pemilu yang lalu. Saya sendiri selaku peserta sudah bisa merasakan bagaimana pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan dengan aman dan tertib,’’ ucapnya.

Kepada Ketua KPU RI, Wabup Sumbawa juga berharap kunjungannya ke Kabupaten Sumbawa tidak hanya sekali ini saja, tapi juga dapat dilakukan pada kesempatan yang lain. “Saat ini hubungan yang baik dengan Pemerintah Pusat sedang kita jalin. Sebab tanpa sinergitas antara kami Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat, tidak akan mungkin pembangunan ini akan bisa kami laksanakan,’’ tukasnya.

Sementara Ketua KPU RI – Juri Ardiantoro mengatakan, RPP Bala Late ini didedikasikan oleh KPU sebagai tempat bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi, tempat belajar tentang politik demokrasi dan pemilu, tempat untuk mencari dan mendapatkan data yang diperlukan tentang pemilu dan politik. Karena sejauh ini, masyarakat cukup kesulitan mencari tempat untuk kepentingan riset, maupun studi politik. “Semua orang bisa datang, semua bisa mencari dan KPU harus bisa memfasilitasi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap rumah pintar pemilu ini. Namanya pun sudah bagus Bala Late. Mudah-mudahan apa yang menjadi pesan dari Bala Late ini bisa terwujud, dan kita semua bisa memanfaatkan kehadiran rumah pintar pemilu ini,’’ paparnya.

Untuk itu, lanjut Juri, RPP Bala Late ini harus menginisiasi berbagai macam kegiatan dan program yang melibatkan masyarakat dalam politik, demokrasi dan pemilu. Sehingga akan mampu melahirkan masyarakat yang sadar politik, sadar berdemokrasi dan sadar pemilu. “Jadi tidak hanya diresmikan, tapi harus memiliki program yang diorientasikan untuk membuat pemilu semakin baik, semakin diterima oleh masyarakat. Karena masyarakat sekarang ini juga harus sama-sama kita dorong, kita didik untuk dewasa didalam politik, masyarakat harus kita didik untuk cerdas dalam dunia politik. Supaya masyarakat semakin rasional dalam menggunakan hak politiknya,’’ pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Komisioner KPU se NTB, sejumlah pengurus Parpol di Kabupaten Sumbawa, Kepala SKPD lingkup Pemkab Sumbawa, Camat, mahasiswa, pelajar SMA, organisasi mahasiswa, serta lainnya. Setelah acara peresmian, tamu undangan diajak untuk berkeliling di sekitar gedung KPU Kabupaten Sumbawa yang sudah berisikan informasi terkait politik, demokrasi, pemilu, dan pilkada. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *