Banjir Sumbawa, Anggota DPRD NTB Apresiasi Kinerja Pemprov

Mataram, PSnews – Anggota DPRD NTB asal Dapil 5 Sumbawa – KSB, Burhanuddin Jafar Salam memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menyikapi persoalan banjir bandang yang sempat melanda Kabupaten Sumbawa beberapa waktu lalu. “Kami sangat mengapresiasi tindakan responsif Pemprov NTB seperti BWS, BPBD NTB dan lainnya, sudah bergerak cepat serta terjun langsung menyikapi persoalan banjir di Sumbawa,” demikian dikatakan, BJS panggilan akrab Burhanuddin Jafar Salam, Senin (20/02).

Berdasarkan tinjauan langsung di lapangan, kerusakan akibat banjir di Sumbawa dinyatakan cukup parah. Selain pemukiman warga, banyak hal yang menjadi dampak yakni antara lainnya seperti kerusakan sejumlah akses jalan penghubung, sawah/ladang pertanian, rumah warga sekaligus fasilitas lainnya. “Titik kerusakannya cukup banyak, untuk diperkotaan saja ada di Brang Bara, Karang Bage, Lempeh dan Labuhan Sumbawa, rata-rata masalah bronjong (jebol), longsor, aspal tergerus. Tapi semuanya sudah dinventalisir untuk segera disikapi,” ucapnya.

Secara pribadi akibat bencana ini, ia menyatakan keprihatinan yang sangat mendalam. Terutama terhadap warga yang menjadi korban banjir. Menurutnya pula, bahwa kerusakan akibat banjir ini diklaim cukup parah dan menyisakan duka bagi warga Sumbawa. Meski demikian masih kata BJS, semuanya sudah dirembukkan secara bersama-sama dengan Pemda setempat dan Pemprov maupun pihak lainnya untuk dicarikan solusi sebagai upaya tindak lanjut. “Sudah tentu saya sangat prihatin, tapi Insya Allah semua ada hikmahnya. Semoga kejadian – kejadian seperti ini tidak ada lagi terjadi khususnya di Pulau Sumbawa, umumnya di NTB daerah yang kita cintai bersama ini,” harapnya.

Mengingat dalam hal ini bahwa pihak pusat juga akan mengalokasikan anggaran tanggap darurat/bencana secara khusus di Sumbawa, pihaknya akan mengawasi atau mengawal secara fokus. Sehingga apa yang menjadi prioritas untuk ditindak lanjuti berdasarkan hasil apa yang dilihat dan diinventalisir rembuk bersama bisa direalisasikan segera dan tepat sasarannya. “Yang pasti akan kita kawal. Ini adalah bentuk keseriusan kami, agar apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terlealisasi dengan baik dan benar,” demikian kata wakil rakyat dari fraksi PAN ini.
Sekedar informasi, tepat pada kejadian banjir yang melanda 12 dari 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa ini, BJS bergerak menyusuri sejumlah titik dan menyalurkan bantuan secara merata di tiap Posko yang ada di Sumbawa. Tak hanya itu, secara mandiri pihaknya juga mendirikan Posko di kediamannya Jalan Hasanuddin Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa. Hal itu dilakukan, tak lain merupakan bagian dari keprihatinan serta kepeduliannya terhadap sesama. (PSbo)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *