Banjir Sumbawa, Wagub NTB Ikut Prihatin

Mataram, PSnews – Hujan lebat dalam beberapa hari terakhir telah berdampak pada terjadinya bencana banjir di sejumlah kecamatan Kabupaten Sumbawa. Banjir terparah justru terjadi di pusat ibukota Kabupaten Sumbawa yakni Sumbawa Besar. Banjir bandang yang terjadi pada Kamis siang dan malam (9/2/2017) tersebut telah menggenangi ribuan rumah warga yang ada di bantaran sungai.

Bukan main dampaknya sehingga membuat masyarakat NTB umumnya, Pulau Sumbawa khususnya berduka. Alhasil dampak dari bencana banjir ini telah merusak sejumlah fasilitas, antara lainnya, akses infrastruktur jalan yang terputus sehingga warga harus terisolir. Kemudian rumah warga yang terendam dan terseret banjir. Barang-barang berharga habis hanyut dibawa air. Selain itu, fasilitas lainnya seperti perkantoran dan sekolah harus menjadi dampak keganasan air bah yang melanda sejumlah titik di NTB ini.
Menyikapi hal ini, Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin SH MSi mengaku prihati atas musibah yang dialami para korban banjir di Sumbawa. “Tentu kita sangat prihatin dari adanya bencana ini,” ujarnya saat dicegat media ini usai Rapat Paripurna DPRD NTB, Jum’at (10/02).
Dikatakan Amin, ada dua faktor pemicu terjadinya banjir yakni dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi dan kerusakan hutan atau lingkungan. Sebab, material yang dibawa gunung seperti bebatuan dan lainnya cukup na’as memberikan dampak yang kurang bagus bagi pemukiman warga. “Hanya dua saja pemicu yaitu tadi karena curah hujan tinggi. Terlebih lagi karena sebelumnya marak pembalakkan liar hutan jadi rusak dan lingkungan kita juga sudah cukup parah rusaknya,” ucap politisi asal Sumbawa ini.
Meski demikian, sambung Amin, hal ini haruslah menjadi perhatian bersama, yang mana mampu berkolaborasi memberikan uluran tangan serta saling bahu membahu menolong para korban banjir. “Saat ini yang terpenting adalah perhatian, untuk memberikan pertolongan dan bantuan bagi warga terdampak. Kalau bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) kan sudah jelas. Dan bantuan sedang dalam proses penyaluran,” demikian imbuhnya. (PSbo)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *