Spesialis Pencuri Burung Terjaring Operasi Jaran Gatarin

Sumbawa, PSnews – Operasi Jaran Gatarin yang digelar Polres Sumbawa sejak Rabu (01/02) kemarin, berhasil meringkus tiga pelaku spesialis pencurian burung serta penadah burung curian.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa – AKP Elyas Ericson yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (02/02/2017) menegaskan bahwa penangkapan pelaku spesialis burung tersebut berawal dari laporan korban yang juga salah satu anggota Polres Sumbawa pada 27 Januari lalu.  “Saat itu korban melaporkan telah kehilangan sekitar 9 ekor burung peliharaannya dan kejadian tersebut yang ke tiga kalinya, sehingga mengalami kerugian sekitar Rp 7 juta,” tutur Elyas.
Dari hasil penyelidikan, pihaknya berhasil mengamankan dua orang dari empat pelaku pencurian burung berinisial PA (17) dan AM (16) warga Desa Labuhan Sumbawa. Keduanya ditangkap di rumahnya masing-masing pada Rabu pagi (01/02.2017).
Sementara seorang penadah berinisial KJ (44), diamankan di kediamannya di Kelurahan Lempeh. Dari tangan mereka, polisi mengamankan barang bukti seekor burung cendet.
Menurut pengakuan PA dan AM, mereka hanya disuruh menjual burung curian tersebut. Setelah dilakukan pendalaman, polisi meringkus otak pelaku berinisial FA (16) warga Dusun Kauman, Desa Labuhan Sumbawa. FA yang masih tergolong anak di bawah umur ini ditangkap di areal persawahan sekitar Labuhan Sumbawa pada pukul 20.00 Wita. Pelaku juga merupakan siswa salah satu SMP di Kota Sumbawa. “Kami sedang memburu satu orang rekan pelaku yang kabur, identitasnya sudah kami kantongi dan sekarang pelaku masih dalam pengejaran,” tegas Elyas.
Untuk pelaku PA dan AM, lanjut Elyas, akan diupayakan untuk dilakukan diversi, mengingat keduanya masih di bawah umur dan keduanya baru kali ini melakukan aksi pencurian. Namun terhadap otak pelaku berinisial FA (16) meski masih dibawah umur, namun tidak akan dilakukan diversi sebab sebelumnya FA pernah tersangkut kasus pencurian handphone dan sudah pernah dilakukan diversi. (PSj)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment