Kapal Pesiar ‘THE WORLD’ Bawa Ratusan Wisman ke Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Meski minim perhatian Pemprov NTB terkait kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, namun daerah intan bulaeng ini memiliki pesona tersendiri yang dilirik para wisatawan, khususnya dari mancanegara. Dalam tahun ini, Kabupaten Sumbawa kembali dikunjungi ratusan wisatawan mancanegara (Wisman) yang menggunakan kapal pesiar untuk menikmati beberapa spot wisata di sekitar kota Sumbawa Besar.

Wisman Mengunjungi Istana Dalam Loka
Mengunjungi Istana Dalam Loka yang dikenal sebagai istana dalam bentuk rumah panggung terbesar di dunia

Kapal pesiar mewah ‘The World’ yang membawa sekitar 180 wisman ini merapat di Pelabuhan Badas pada Jumat (2/12/2016). Mereka didampingi agen travel Kencana Hotel Management. Kedatangan wisman ini langsung dimanfaatkan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada. Baik melalui pembagian pamphlet Sumbawa travel guide book, serta lainnya.

Wisman berkunjung ke Istana Bala Kuning
Mengunjungi Istana Bala Kuning

Sekretaris Disporabudpar Sumbawa – Nurhinsyah menjelaskan, kedatangan ratusan wisman ini fokus kepada cagar budaya yang ada di Sumbawa. Seperti mengunjungi Istana Dalam Loka, Bala Kuning, termasuk ke Desa Wisata di Dusun Pamulung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Dalam diskusi bersama para wisman, mereka dikenalkan dengan sejarah tentang Kerajaan Sumbawa, hingga kebudayaan yang ada. “Mereka kagum dan puas dengan kebudayaan yang ada di Sumbawa,’’ tutur Pincun sapaan akrabnya.

Wisman menyaksikan budaya Barapan Kebo di Dusun Pamulung
Menyaksikan atraksi budaya Barapan Kebo di Dusun Pamulung

Terhadap sektor pariwisata di daerah, menurutnya kedepan tentu akan menjadi bagian yang urgen untuk dilakukan pengembangan, seperti objek, masyarakat, travel agent, pelaku wisata, kelompok kreatif baik pariwisata yang bertumpu pada budaya, alam, permainan dan sebagainya.

Pincun Nurhinsyah (Sekretarus Diklluspora) dan Rachman Ansori M.SE (Kabag Humas) foto bersama salah seorang wisman
Pincun Nurhinsyah (Sekretaris Disporabudpar) dan Rachman Ansori (Kabag Humas) berfoto selfie dengan salah seorang wisman

Sekitar empat jam para wisman itu menginjakkan kami di Sumbawa, mereka pun kembali ke pelabuhan Badas untuk melanjutkan perjalanannya ke daerah tujuan selanjutnya. Dari seluruh wisman yang ada didominasi oleh wisman Amerika Serikat 110 orang, UK 23 orang, Australia 20 orang, Canada 16 orang, New Zealand 10 orang, serta dari negara lainnya seperti Francis, Netherlands, Afrika Selatan, Philipina, Jepang, bahkan ada juga yang dari Indonesia.

Sekilas tentang Kapal Mewah ‘THE WORLD’ 

The World merupakan kapal pesiar milik ROW Management Ltd yang berpusat di Florida, AS dan punya konsep sedikit berbeda dengan kapal lain. The World menawarkan pengalaman keliling dunia tanpa meninggalkan rumah. Kapal pesiar ini konsepnya bukan hotel seperti pada umumnya, melainkan apartemen yang bisa jadi milik pribadi.

The World saat berlabuh di Pelabuhan Badas
The World saat berlabuh di Pelabuhan Badas

Dalam situs resminya, The World berukuran cukup besar dengan panjang 196,35 meter dan lebar 29,8 meter. Ada 12 dek dengan 165 apartemen mewah yang bisa dibeli dan jadi milik pribadi. Ada sekitar 130 keluarga dari seluruh dunia yang jadi pemilik apartemen. Beberapa apartemen ada yang dijual setelah dimiliki selama setahun. Pemilik apartemen dipersilakan tinggal di atas kapal itu selama yang dia kehendaki, tapi rata-rata hanya tinggal selama 3 sampai 6 bulan di atas kapal.

Kamar tidur di dalam kapal
Kamar tidur di dalam kapal

Besar apartemen yang ditawarkan berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada apartemen 2 kamar hingga penthouse dengan 6 kamar. Apartemen terapung ini ternyata tergolong laris, banyak traveler yang antre untuk bisa punya apartemen di The World.

Beragam fasilitas lengkap juga tersedia di dalam kapal ini. Ada 6 restoran, bar, ruang minum teh, pusat kebugaran, lapangan tenis, kolam renang dan simulator golf. Ada pula bioskop untuk yang hobi nonton serta perpustakaan.

Penampilan ekslusif salah satu sudut kapal
Penampilan ekslusif salah satu sudut kapal

Sebanyak 270 kru juga siap melayani selama di kapal. Semua fasilitas yang ada, memang dibuat agar traveler nyaman selama berlayar keliling dunia bersama The world. Sejak diluncurkan tahun 2002 lalu, kapal pesiar ini telah mendatangi lebih dari 900 pelabuhan di 140 negara.
Sekali pelayaran, The World membawa traveler bepergian lintas benua dalam waktu berbulan-bulan. Misalnya saja tahun 2015, The World akan berlayar dari Singapura sampai Antartika. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *