KPUD Sumbawa Segera Mutakhirkan Data Pemilih

Sumbawa, PSnews – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbawa dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Sumbawa dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait. 
Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Sumbawa – Sudirman kepada wartawan menjelaskan, pihaknya saat ini fokus terhadap proses pemuktahiran data yang berkelanjutan pada semester kedua. Sehingga penting menjalin kemitraan dengan semua stakeholder, baik kalangan masyarakat maupun birokrasi, yang nantinya disebar di sejumlah titik untuk mendapatkan informasi terkait berapa jumlah pemilih tetap maupun pemilih yang tidak memenuhi syarat. “Kita juga melibatkan masyarakat. Nanti mereka kita sebar desa-desa untuk melakukan pendataan. Siapa tahu dari data sebelumnya terjadi perubahan. Seperti ada yang meninggal dunia atau ada yang menjadi anggota TNI dan Polisi,’’ tuturnya.

Setelah seluruh data sudah dihimpun, maka informasi tersebut nantinya akan diinput ke dalam data pengendali informasi pemilih yang ada di KPU Pusat. Sekaligus melakukan croscek perkembangan jumlah data pemilih terkini.

Bakan dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan workshop dengan para stakeholder dimaksud, guna mengetahui pola dan sistem yang akan digunakan pada proses pemilu nanti. Rencana workshop akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. “Yang jelas kami selaku penyelenggara pemilu akan terus berbenah sistem, tentunya  dengan peran serta dan masukan semua pihak,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *