Polisi Amankan Barang Kadaluarsa

Sumbawa, PSnews – Anggota Polres Sumbawa mengamankan ratusan barang kadaluarsa yang masih beredar di pasaran. Ini dilakukan dalam rangka cipta kondisi yang dinamakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) menjelang bulan Suci Ramadhan tahun ini.

Kapolres Sumbawa – AKBP. Muhammad SIK yang ditemui wartawan Jumat (3/6/2016) menjelaskan, ini kegiatan rutin dalam hal antisipasi. Salah satu kegiatannya yakni melakukan razia ke Super Market maupun pasar tradisional yang menjual Sembilan Bahan Pokok (sembako), terutama yang terindikasi sudah kadaluarsa. “Ini untuk menjaga masyarakat dari sakit dan lainnya, karena barang yang sudah kadaluarsa,’’ terangnya.

Barang kadaluarsa yang diamankan polisiDalam operasi ini, Polisi menyisir sejumlah kios di Pasar Brang Biji. Hasilnya ditemukan berbagai barang yang sudah kadaluarsa seperti mie instan, bumbu cepat saji, minuman kaleng dan botol, sabun, shampo, body lotion, parfum dan lainnya. Seluruh barang tersebut kemudian diamankan ke Mapolres, agar tidak lagi dipajang di kios pedagang. “Untuk itu saya menghimbau kepada para pedagang sembako atau barang makanan untuk memeriksa barang dagangannya. Kalau yang tidak ada izin dari BPOM, Menkes dan lainnya, atau yang sudah kadaluarsa tolong ditarik dari peredaran,’’ pinta Kapolres.

Kalau dalam operasi lanjutan nanti masih ditemukan adanya barang kadaluarsa yang terpajang di kios tersebut, maka akan diberikan sanksi. Jika dengan sengaja menaruh barang kadaluarsa, yang bersangkutan bisa dipidana dengan Undang-undang perdagangan atau UU perlindungan kosumen. “Kalau terbukti nanti kita lihat sejauh mana keterlibatan dia (Pedagang). Apakah sengaja ditaruh barang dagangannya atau tidak. Kalau sudah diberi himbauan ini dan dia masih saja menjual yang kadaluarsa, bisa kita jerat dengan aturan hukum yang berlau,’’ tegasnya.

Selain itu, anggota Polisi juga berhasil menyita minuman keras jenis arak di Dusun Marga Karya Desa Marga Kecamatan Moyo Hulu. Dari tiga jerigen yang diamankan, hanya satu yang berisi arak, kemudian ada juga 5 dibungkus arak yang dikemas didalam panci. ‘’Kita juga lakukan razia terhadap sepeda motor knalpot bising dan petasan,’’ demikian Kapolres. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *