Wabup : Mari Kita Kerja Sambil Rekreasi !

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) menggelar rapat Koordinasi persiapan dan pemantapan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan HKG PKK Ke 44 tahun 2016. Kegiatan ini terlaksana Jumat (22/4/2016) di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa.

rapat kordinasi BBGRM SumbawaPada kesempatan itu, Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah mengharapkan, agar BBGRM rutin dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa karena sangat bermanfaat. Supaya kegiatan ini tidak hanya bersifat seremonial dan membosankan, dalam pelaksanaannya diharapkan dapat dilakukan lebih santai, agar kegiatan gotong royong nantinya dapat menyentuh dan menggerakkan hati masyarakat. Dengan adanya kegiatan gotong royong juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang satu dengan yang lain, juga akan semakin mendekatkan hubungan antara Pemerintah dengan masyarakat.
“Mari kita berkerja sambil rekreasi. Ini berguna untuk kita dekatkan hubungan dengan masyarakat. Gotong royong ini merupakan bagian dari kearifan lokal yang harus kita pertahankan, jangan sampai luntur,’’ ajak Haji Mo – panggilan akrab Wabup Sumbawa.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala BPM-PD Kabupaten Sumbawa – Tarunawan menyampaikan, BBGRM sebagai amanat keinginan nurani rakyat yang diwujudkan melalui Permendagri No. 42 Tahun 2005. Sejatinya kegiatan ini ditujukan untuk mengaktualisasikan dan merevitalisasi semangat gotong royong ke posisi yang sebenarnya. Sudah menjadi hukum alam, kegiatan yang berlangsung terus menerus dari sekian lama akan kehilangan makna, bila hanya cenderung menjadi rutinitas dan seremonial semata.
Dilanjutkan, dengan adanya gotong royong masyarakat, diharapkan dapat memberi peran penting dalam membangun sistem sosial, mengingat bangsa Indonesia memiliki beragam suku dan etnis.
“Sekarang, kegiatan gotong royong semakin jarang terlihat karena karakter masyarakat pada masa sekarang ini cenderung individualis yang cenderung menjadikan uang dapat membeli segalanya,’’ paparnya.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Ilham Mustami, para Kepala Dinas/Badan/Kantor, Camat se Kabupaten Sumbawa, pengurus PKK Kabupaten Sumbawa, serta lainnya. (PSg)

 

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *