Optimalkan Pengawasan, Panwas Bangun Komunikasi dengan Para Stakeholder

Sumbawa, PSnews – Dalam upaya mengoptimalkan pengawasan, Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kabupaten Sumbawa membangun komunikasi dengan para stakeholder, Selasa (08/11/2015). Para stakeholder tersebut diantaranya, Kapolres, AKBP—Muhamamd, Kajari—Sugeng Hariadi, Dandim—Letkol Inf. Agus Supriyanto dan unsur Pemda Sumbawa yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Dr. M. iksan.

Pertemuan yang sejak awal tertutup di ruang Ketua Panwas, Mahyuddin, membahas kesiapan terakhir jelang hari pencoblosan suara di Pilkada 9 Desember.

Ketua Panwas Kabupaten dan MuspidaKetua Panwas Kabupaten, Mahyuddin, menyebutkan, rapat tersebut terkait kesiapan masing-masing stakeholder dalam Pilkada. Panwas ingin mengetahui kesiapan masing-masing instansi tersebut. Misalnya Kepolisian dengan perangkat pengawalan distribusi logistik dan pengamanan Pilkada.

Kemudian unsur Kodim terkait dengan adanya penebalan untuk pengamanan Pilkada terhadap institusi Kepolisian. Sedangkan Kejaksaan berkaitan dengan penegakan hukum.

“Kalau Pemda berkaitan dengan adanya surat edaran KPU terhadap pembuatan surat keterangan domisili. Intinya Pemda telah membuat Desk Pilkada untuk membantu pengawasan Pilkada, meski pun hanya menjadi konsumsi intitusi sendiri bukan diekspos,” jelasnya.

Bagaimana dengan Panwas? Ia mengatakan, Panwas sudah siap melakukan pengawasan dalam Pilkada ini dengan dukungan stakeholder yang ada.  Karena tanpa pelibatan para pihak tidak mungkin Panwas bisa berjalan sendiri.

“Sebenarnya upaya pengawasan bukan berarti tidak ada indikasi yang mengarah pada pelanggaran bahkan ada dua kasus, Alas dan Ai Bari,” kata Yud.

Dalam hal ini Panwas mengedepankan upaya pencegahan, namun ketika tidak bisa dicegah maka terpaksa dilakukan penindakan. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *