Lingkungan Maras Samapuin Juara 1 Lomba Kampung Sehat se Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Dalam menghadapi kondisi pandemi covid-19 yang melanda dunia dalam beberapa bulan terakhir telah mendorong kreatifiitas pihak Polda NTB untuk menggagas program Lomba Kampung Sehat di wilayah setempat. Lomba Kampung Sehat tersebut dikordinir oleh masing-masing Polres se Provinsi NTB. Setelah sekian lama dilakukan penilaian terhadap semua desa / kelurahan, khusus lomba yang diadakan di wilayah Kabupaten Sumbawa akhirnya ditetapkan juaranya pada pada hari Senin (5/10/2020). Penyerahan hadiah bagi keurahan/desa pemenang lomba Kampung Sehat dilaksanakan di Aula Parikesit Kodim 1607/Sumbawa. Turut dihadiri Pjs. Bupati Sumbawa Zainal Abidin M.Si, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan S.Sos M.Tr (Han), Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra S.IK, Ketua DPRD Sumbawa, Waka Polres, Kasdim, Para Kadis, Kabag, Kapolsek, Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa.

Penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Kampung Sehat di Kabupaten Sumbawa 2020

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra S.IK mengatakan, kegiatan Lomba Kampung Sehat ini telah dilaunching beberapa bulan lalu. Program ini menekankan pada metode mendisiplinkan masyarakat di kelurahan dan desa sehingga bisa memberikan spirit atau semangat untuk bersama – sama memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Dari tiga desa pemenang terbaik, nantinya akan turun tim penilai dari provinsi,” terang Kapolres.

Kapolres Sumbawa juga mengucapkan terimah kasih kepada Bupati atas dukungan yang sangat memberikan manfaat. Begitu juga kepada Dandim, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta semua pihak yang turut mendukung program lomba kampung sehat. “Melalui program lomba kampung sehat ini diharapkan menjadi central penerapan protokol kesehatana dengan fasilitas kesehatan yang ada di desa,” tandas Widy Saputra.

Di tempat yang sama, Pjs Bupati Sumbawa, Zainal Abidin berharap semua desa dapat menerapkan protokol kesehatan sehingga menjadi sehat dan bersih. “Kami berharap semua kampung menjadi kampung sehat. Juara tidak juara hanya faktor penilaian, namun kebersihan itu hal yang pokok. Tanpa kebersihan, kita tidak mungkin sehat,” jelas Pjs Bupati Sumbawa.

Zainal Abidin juga menekankan aka pentingnya menjaga hutan. Menurutnya, kawasan hutan perlu disentuh oleh Program Kampung Sehat. Kondisi hutan dan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Kedepan kondisi ini harus menjadi gerakan bersama untuk menyelamatkan hutan. “Selamat kepada kelurahan / desa yang meraih kemenangan semoga dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap Zainal Abidin.

Adapun Kelurahan /Desa yang menjadi pemenang terbaik Lomba Kampung Sehat, yakni Juara I Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin, Juara II Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir dan Juara III Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu.

Terhadap Kelurahan / Desa yang berhasil menjadi pemenang diserahkan hadiah, masing-masing untuk
– Juara I : Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin mendapat hadiah dari Polda NTB berupa uang pembinaan sebesar Rp 15 juta dan Trophy, serta uang pembinaan dari Pekab Sumbawa serta Polres Sumbawa sebesar Rp 10 juta dan piagam.
– Juara II : Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir mendapat hadiah dari Polda NTB uang pembinaan sebesar Rp 10 juta dan trophy, serta uang pembinaan dari Pemda dan Polres Sumbawa sebesar Rp 6 juta dan piagam.
– Juara III : Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu mendapat Hadiah dari Polda NTB uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan Trophy, serta uang pembinaan dari Pemda dan Polres Sumbawa sebesar Rp 4 juta dan piagam. (PSp)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *