Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Kabupaten Sumbawa Kian Diperkuat

Sumbawa, PSnews – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa – Hasan Basri membuka secara resmi Pertemuan Lintas Program / Lintas Sektor (LPLS) yang digelar dalam rangka penguatan desa / kelurahan siaga aktif tingkat Kabupaten Sumbawa, di Ruang Rapat H. Hasan Usman, Kantor Bupati Sumbawa.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, dari 157 desa dan 8 kelurahan yang ada di Kabupaten Sumbawa, terdapat 10 desa/kelurahan siaga dengan strata aktif pratama, 88 desa/kelurahan dengan strata aktif madya, 51 desa/kelurahan dengan strata aktif purnama, dan 15 desa/kelurahan dengan strata aktif mandiri.

Meski begitu, Sekda mengungkapkan, belum optimalnya koordinasi dan dukungan lintas sektor terhadap pelaksanaan desa siaga aktif di sebagian besar desa yang ada mengakibatkan kegiatan pengembangan desa dan keluarahan siaga aktif di Kabupaten Sumbawa belum memenuhi target yang diinginkan.

Oleh karena itu, Sekda menilai perlu dilakukan upaya pembinaan secara terus-menerus agar muncul pemahaman yang sama serta tercipta kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif sesuai tugas dan fungsi masing-masing petugas kesehatan. Tentunya melalui upaya fasilitasi oleh tim kabupaten dalam bentuk pertemuan di Puskesmas dan rapat koordinasi di tingkat kabupaten sebagaimana yang dilaksanakan hari ini. ‘’Mudah-mudahan melalui upaya pembinaan yang dilakukan secara terus menerus dapat meningkatkan pencapaian target desa/kelurahan siaga aktif di Kabupaten Sumbawa,’’ demikian H. Bas. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *