Desa Jotang Ditetapkan sebagai Lokasi TMMD ke 109

Sumbawa, PSnews – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Tahun 2020 dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” di Desa Jotang Kecamatan Empang, akhirnya terlaksana. Setelah dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa melalui Sekda – H Hasan Basri di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa Selasa (22/9).

Dalam sambutannya Haji Bas – sapaan akrab Sekda mengatakan, TMMD merupakan salah satu solusi bagi Pemda dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan, utamanya daerah-daerah yang masih dikategorikan sebagai daerah tertinggal, terisolir, perbatasan dan kumuh perkotaan.

Bupati berharap, operasi TMMD yang akan dilaksanakan selama tiga puluh hari kedepan dapat mencapai hasil yang maksimal, sebagaimana sasaran-sasaran yang ingin dicapai. ‘’Selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Sumbawa, kami bersyukur, karena tujuan dilaksanakannya operasi TMMD adalah untuk membantu Pemerintah Daerah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik, dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh,’’ tuturnya.

Sementara Komandan Kodim 1607/Sumbawa – Letkol Kav Rudi Kurniawan selaku Dansatgas mengatakan, kegiatan TMMD dimulai pada 22 September hingga 21 Oktober mendatang. Ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan proyek pekerjaan dari Bupati Sumbawa kepada Dandim 1607/Sumbawa. Dimana sasaran yang telah direncanakan di dua Desa yakni Desa Jotang dan Desa Jotang Beru di Kecamatan Empang.

Untuk sasaran pelaksanaan TMMD ke 109 ini terbagi menjadi sasaran fisik dan non fisik. Adapun sasaran fisik berupa pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) pembuatan jembatan, pembuatan musholla yang dilengkapi MCK dan tempat wudhu, pembuatan saluran irigasi dan rehab rumah sebanyak 9 unit. Sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang kesehatan, SOP protokol kesehatan, pertanian, peternakan, bidang hukum yang diberikan oleh instansi terkait. ‘’Semoga TMMD Ke 109 Kodim 1607/Sumbawa sepenuhnya dapat berjalan dengan baik,’’ harap Dandim.

Lanjut Dandim, upacara pembukaan TMMD tidak dilaksanakan dengan pelibatan personel dalam jumlah besar, guna mengikuti protokol Covid-19 dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona. ‘’Kami tidak melaksanakan upacara pembukaan secara besar-besaran untuk kegiatan TMMD 109 kali ini, difokuskan pada kegiatan  penandatangan dan penyerahan proyek pekerjaan dari Pemda Sumbawa kepada Dandim 1607/Sumbawa selaku Dansatgas TMMD ke 109. Tapi itu tidak mengurangi essensi dan kekhidmatan pelaksanaan pembukaan TMMD,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *