Antisipasi Kekeringan, Pemkab Sumbawa Dorong Program Perluasan Akses Air Bersih

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa terus melakukan upaya dalam mengantisipasi terjadinya kekeringan yang melanda sekitar 17 dari 24 kecamatan. Salah satu yang dilakukan yakni mendorong program perluasan akses terhadap air bersih.

Hal itu disampaikan Sekda Sumbawa – Hasan Basri dalam sidang paripurna yang terlaksana Rabu (16/9) di gedung DPRD Sumbawa.
Sejauh ini Pemda melalui Dinas PUPR dan Komisi Irigasi telah melakukan antisipasi melalui efisiensi pemanfaatan sumber daya air untuk irigasi di daerah irigasi yang menjadi kewenangan Kabupaten.

Dilanjutkan, adapun dalam rangka mengantisipasi kekurangan air bersih atau air minum, pemerintah Pemkab terus mendorong program perluasan akses terhadap air bersih, seperti melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), hibah air minum perdesaan (HAMP) dan lainnya. ‘’Selain itu sebagai upaya jangka pendek, Pemerintah Daerah melalui Perumda Air Minum Batulanteh juga mengupayakan tersedianya tandon air bersih dan mobil tangki air bersih pada wilayah yang sulit air bersih,’’ tandasnya.

Pada sidang paripurna sebelumnya, juru bicara Fraksi Gerindra DPRD Sumbawa – Hamzah Abdullah meminta Pemerintah Daerah melakukan penyediaan kelangkaan air bersih di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa dalam menghadapi musim kekeringan saat ini. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *