Hotel Diminta Berperan Promosi Pariwisata Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa memiliki cukup banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. Untuk itu, peran semua elemen dibutuhkan dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah. ‘’Apabila semua elemen berperan sesuai dengan perannya masing-masing, kemudian ada pola interaksi dan kolaborasi dari semua yang saling menguatkan, maka Insya Allah pariwisata di daerah bisa berkembang,’’ ujar Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – Iskandar D dalam kegiatan Diklat Pramuwisata Muda yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata di Sumbawa Grand Hotel pada Senin (10/8).

Menurutnya, para pemilik hotel diharap bisa menyajikan informasi yang baik terkait potensi daerah. Baik sektor bahari, sejarah yang ada di Kabupaten Sumbawa salah satunya dengan menempel foto-foto di lorong antar kamar, atau hal lainnya. ‘’Saya kira itu semua sudah dilakukan oleh teman-teman pemilik hotel. Kalau tidak punya gambar, tidak punya foto, saya kira di Dinas Pariwisata ada file-filenya. Bahkan kalau bisa Dinas Pariwisata menganggarkan untuk penggandaan pencetakan gambar-gambar itu. Sampaikan ke hotel, nanti pemilik hotel yang memasang dengan bingkainya atau lainnya,’’ tukasnya.

Menurutnya, di Kabupaten Sumbawa diketahui terdapat benda-benda purbakala berupa batu peninggalan sejarah, ada juga liang petang, serta lainnya. Namun informasi tentang keberadaan benda-benda tersebut dinilai masih sangat kurang. Sementara untuk promosi, informasi itu sangat penting disampaikan kepada para pelaku wisata. ‘’Kalau kita hanya mengatakan bahwa di sana ada benda peninggalan nenek moyang, tapi hanya itu, kita tidak pernah bisa menemukan sejarah. Ini menjadi PR kita semua,’’ tukasnya.

Kepala Dispopar Sumbawa – Rusmin Junaidi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata khususnya di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai sektor penggerak dan pendukung percepatan pembangunan pariwisata dimaksud.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pemda Sumbawa dalam membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Sumbawa. ‘’Kegiatan ini berlangsung selama lima hari sampai 14 Agustus mendatang, dan diikuti sebanyak 30 peserta dari para pelaku pariwisata, tour guide, perwakilan pokdarwis dan lainnya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *