Hijrah Kecamatan Lape, Desa Pertama Deklarasikan STBM

Sumbawa, PSnews – Dari 157 Desa yang ada di Kabupaten Sumbawa, baru Desa Hijrah Kecamatan Lape yang melaksanakan deklarasi sebagai Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Kegiatan yang terlaksana di kantor Desa setempat ini dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa – Muhammad Ikhsan pada Kamis (6/8).

Dalam sambutannya, Haji Ikhsan berharap, keberhasilan Desa Hijrah ini dapat diikuti oleh desa-desa lainnya. ‘’Atas nama Pimpinan Daerah Kabupaten Sumbawa, saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah dan masyarakat Desa Hijrah Kecamatan Lape yang telah mampu mebangun kesadaran masyarakat tentang urgensi sanitasi dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,’’ jelasnya

Selain itu, kegiatan ini juga diharap dapat memberikan suntikan semangat kepada semua pihak, terutama Kepala Desa/Lurah dalam upaya mendorong pembangunan sanitasi di Kabupaten Sumbawa. ‘’Terkait persoalan sanitasi ini, perlu saya sampaikan bahwa Bupati Sumbawa telah mengeluarkan surat edaran nomor 141/14/Bappeda/2017 tentang penyelarasan perencanaan desa dengan Kabupaten untuk percepatan peningkatan akses pelayanan dasar di Kabupaten Sumbawa. Akses pelayanan dasar ini meliputi akses terhadap pendidikan, kesehatan, perumahan, air minum dan termasuk akses terhadap sanitasi,’’ paparnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat lima pilar STBM sebagai langkah awal menuju desa sehat oleh Bupati Sumbawa kepada Kepala Desa Hijrah dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi dan komitmen desa STBM. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *