Kodim 1607 Sumbawa Gelar Kejuaraan Pencak Silat

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – Iskandar D membuka kejuaraan seni pencak silat perguruan bela diri se-Kabupaten Sumbawa, pada Sabtu (18/7) di GOR Mampis Rungan. Kejuaraan yang digelar dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim 1607 Sumbawa ini mengusung tema “Membentuk Sumber Daya Manusia Kretif, Inovatif, dan Adaptif”.

Pemda Sumbawa mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan tersebut, karena seni pencak silat dinilai sebagai wujud semangat menjunjung tinggi sportifitas, meski tengah berada di tengah pandemi Covid-19. Dalam konteks olahraga, salah satu indikator keberhasilan sebuah daerah adalah ketika mampu melahirkan atlet yang bisa berprestasi di tingkat lebih tinggi. Karena itu, diminta kepada para atlet pencak silat untuk tetap gigih berlatih. ‘’Akan ada atau tidak adanya kejuaraan, mempersiapkan diri untuk menjadi seorang atlet yang hebat merupakan langkah yang penting,’’ terangnya.

Sementara, Dandim 1607 Sumbawa – Letkol Inf Samsul Huda menjelaskan, kejuaraan ini merupakan ajang untuk melakukan pembinaan terhadap para atlet pencak silat di Kabupaten Sumbawa, sekaligus juga sebagai salah satu cara untuk melestarikan budaya Indonesia.

Di tempat yang sama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sumbawa – Kamaluddin mengaku sangat berterimakasih kepada pihak Kodim 1607/Sumbawa karena telah memasukkan pencak silat dalam program komunikasi sosial kreatif program TNI. ‘’Potensi silat sangat luar biasa di Kabupaten Sumbawa. Ada 17 perguruan silat, tinggal bagaimana kedepan untuk bisa dibina dengan upaya penguatan organisasinya dahulu. Kami juga berharap adanya perhatian Pemerintah Daerah terhadap pembinaan bagi para atlet,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *