Dikbud Sumbawa Evaluasi Pelaksanaan Belajar di Rumah

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan pembelajaran di rumah bagi siswa sekolah sudah cukup lama dijalankan sejak pandemi covid-19. Terhadap hal itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa segera melakukan evaluasi terhadap kegiatan dimaksud. “Dalam waktu dekat, kami berencana melakukan evaluasi terkait pelaksanaan pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19 ini,’’ kata Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa – Sahril kepada wartawan.

Sahril

Dijelaskan, evaluasi tidak hanya dilakukan bagi kepada kepala sekolah dan guru, melainkan juga sampai ke para siswa. Pasalnya, pihaknya juga ingin memperoleh informasi dari siswa mengenai keluh-kesahnya terkait pola pembelajaran. ‘’Ini  bagian dari evaluasi kita terhadap seluruh proses pembelajaran di rumah selama ini. Khusus dengan siswa, kami akan mengadakan acara bincang-bincang melalui video konferens,’’ terangnya.

Dalam surat edaran yang disampaikan sebelumnya, pihaknya sudah meminta setiap guru, kepala sekolah dan dan pengawas membuat laporan secara tertulis kepada  kepala dinas yang diatur secara berjenjang tentang pelaksanaan proses pembelajaran. Dimana setiap guru harus mempunyai laporan yang disampaikan kepada kepala sekolah, yang selanjutnya menyampaikan laporan dari guru ke dinas.

Pihaknya mengaku tidak menginginkan adanya guru yang memanfaatkan situasi ini untuk tidak melaksanakan tugas. Sehingga laporan dari guru ini dinilai sangat penting dalam kelangsungan belajar mengajar bagi siswa. ‘’Makanya laporan berjenjang ini penting dilakukan,’’ tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mendengarkan tanggapan serta keluh kesah orang tua selama pembelajaran di rumah. ‘’Bagaimana pelayanan guru terhadap orang tua, saya ingin mendapat masukan. Sehingga nanti ketika ada masukan yang baru dan baik kita akan terapkan. Jika ada yang masih kurang juga akan terus dievaluasi,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *