Penerima BLT Dana Desa di Kabupaten Sumbawa 24 Ribu KK

Sumbawa, PSnews – Sebagian besar Desa di Kabupaten Sumbawa saat ini sedang melakukan pendataan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Namun estimasi awal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), ada sekitar 24 Ribu Kepala Keluarga yang tergolong miskin bakal menerima manfaat bantuan tersebut. “Untuk pendataan BLT di tingkat desa, memang sekarang beberapa desa dalam proses pendataan. Artinya desa sudah bergerak terkait dengan BLT Dana Desa ini,’’ kata Kepala DPMD melalui Kasi Pengelolaan Keuangan Desa – Ibrahim kepada wartawan Selasa (12/5) di kantor Bupati Sumbawa.

Dilanjutkan, sejumlah desa lainnya saat ini juga ada yang sudah melakukan pendataan dan masuk pada proses finalisasi hasil pendataan. Pihaknya menekankan kepada Pemerintah Desa agar finalisasi data tersebut harus memenuhi standar dan sesuai rujukan dari Kementerian Desa PDTT, yang tertuang dalam Permendesa Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Meski sedang tahap pendataan dan finalisasi di tingkat desa, namun pihaknya telah memperkirakan angka penerima BLT DD ini mencapai 24.834 masyarakat tergolong miskin. “Estimasi awal kami sebelum perubahan Dana Desa itu ada sekitar 24 ribu KK miskin nanti yang akan menerima manfaat BLT untuk Kabupaten Sumbawa. Artinya ini angka yang cukup besar angka kemiskinan yang dicover melalui BLT DD,’’ tuturnya.

Pihaknya menargetkan penyaluran BLT DD di masing-masing desa yang ada dilakukan setelah lebaran. “Kami berharap paling cepat setelah lebaran. Tapi ada desa yang memang sekarang lagi bergerak. Karena ada beberapa desa yang Dana Desa tahap I nya itu tidak habis dibelanjakan. Karena mekanisme, kemudian dia nanti bisa menggunakan sisa dana desa tahap I itu untuk penyaluran BLT apakah satu bulan atau dua bulan, tergantung sisa dana desa yang ada di kas desa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *