Disnaker Tunggu Surat Resmi soal Penempatan PMI di Arab Saudi

Sumbawa, PSNews – Sejak tahun 2019 Pemerintah telah membuka pemberangkatan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke Arab Saudi melalui Sistem Penampatan Satu Kanal (SPSK). Namun hingga saat ini, Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa masih menunggu surat resmi permohonan pengajuan Job Fair. “Kami masih menunggu surat resmi dari Pemerintah Provinsi, apakah itu dari Ketua Apjati atau Disnaker Provinsi NTB. Kalau sudah ada suratnya, kemudian baru kita tindaklanjuti untuk SPSK ke Arab Saudi,’’ kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumbawa – M Ikhsan Safitri kepada wartawan.

Surat resmi tersebut dianggap sangat penting agar pihaknya mendapat informasi yang jelas terkait pemberangkatan CPMI khususnya asal Kabupaten Sumbawa ke Arab Saudi. “Kalau sudah ada surat, informasinya sudah jelas, bari kita tindaklanjuti dengan Job Fair. Kita akan mempertemukan pencari kerja dengan penyedia pekerjaan,’’ tuturnya.

Selaku OPD terkait, pihaknya berharap kepada masyarakat termasuk CPMI supaya memanfaatkan jalur resmi untuk bekerja di luar negeri. Diharapkan dapat berkoordinasi ke Disnakertrans jika ada yang hendak ditanyakan atau belum jelas. “Jangan sampai  terbuai dengan godaan dan rayuan oknum-oknum tertentu yang berniat untuk mempekerjakan di Timur Tengah. Karena hingga saat ini Timur Tengah belum buka. Dalam waktu dekat akan ada job fair, dan setelah itu akan buka secara resmi khusus Arab Saudi. Sedangkan 18 negara Timur Tengah lainnya masih tutup,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment