Jelang Pilkada dan Pilkades, Sumbawa Tetap Kondusif

Sumbawa, PSnews – Wakil Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra – Muhammad Ikhsan menilai, sejauh ini kondusifitas di Kabupaten Sumbawa tetap terjaga, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada dan Pilkades 2020. “Kami bersyukur bahwa kondisi kamtibmas di daerah relatif kondusif. Apalagi menjelang Pilkades dan Pilkada tahun 2020 mendatang, situasi dan kondisi daerah tetap aman terkendali. Itu semua berkat semangat kebersamaan yang selalu dibangun, sehingga masyarakat memandang Pilkada merupakan pesta demokrasi sebagaimana layaknya sebuah pesta yang dihadiri keluarga, kerabat dan handai taulan dengan suasana senang dan gembira,’’ tuturnya saat membuka Rakor Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) pada Senin (25/11/2019) di  aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 kantor Bupati Sumbawa.

Peserta Rakor

Rakor tersebut digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa, dengan mengangkat tema “Peningkatan Deteksi Dini dan Cegah Dini serta Menjaga Kondusifitas Daerah”. Menurutnya, semua pihak harus tetap waspada terhadap tantangan dan persoalan yang mungkin timbul. Mengingat bangsa Indonesia sesungguhnya telah menghadapi berbagai persoalan yang cukup menyita perhatian seluruh masyarakat, mulai dari isu terorisme, konflik bernuansa sara, berita-berita hoax dan juga kejahatan-kejahatan yang disebabkan oleh pengaruh narkoba, serta berbagai tindakan anarkhis lainnya yang seringkali muncul di tengah-tengah masyarakat tanpa dapat diprediksi dan diantisipasi sebelumnya.

Diharapkan, kegiatan ini mampumengantisipasi perkembangan yang terjadi sejak dini serta harus senantiasa disikapi secara terpadu oleh segenap komponen masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman yang setiap saat dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. ‘’Kita semua sepakat dengan membangun komunikasi dan dialog yang baik, masalah apapun dapat dicarikan solusinya,’’ tuturnya. 

Sebelumnya Kepala  Badan Kesbangpoldagri – Irawan Subekti  melaporkan, maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesiap – siagaan dan antisipasi dini masyarakat terhadap potensi dan indikasi timbulnya bencana yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, sehingga cegah dan tangkal dini masyarakat dapat terkoordinir secara terpadu dan menyamakan visi dan persepsi serta sikap pengurus FKDM di Kabupaten Sumbawa dalam melaksanakan pencegahan secara dini dan penanganan persoalan yang akan terjadi di daerah. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *