Pendaftaran CPNS Dibuka 11 November 2019

Sumbawa, PSnews – Pada 11 November mendatang rencananya mulai dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi formasi di Pemerintah Kabupaten Sumbawa tahun 2019. Dalam proses pendaftaran kali ini, ada beberapa perubahan dibanding pola sebelumnya.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur – Budi Sastrawan kepada wartawan di ruang kerjanya. Untuk pendaftaran CPNS tahun ini pelamar tidak lagi menyerahkan berkas fisik. Hal ini berdasarkan hasil pertemuan pihaknya di BKD Provinsi NTB dengan BKPP Kabupaten Sumbawa beberapa waktu lalu. “Memang karena kesepakatan bersama, Rakor di BKD Provinsi itu semua Kabupaten/Kota dan Provinsi sepakat untuk tidak menyertakan berkas fisik,’’ terangnya.

Budi Sastrawan

Menurutnya, ada beberapa alasan perubahan pola pendaftaran ini, karena adanya tambahan fitur di aplikasi SSCASN BKN terkait verifikasi dan validasi. Kemudian untuk lebih mudahnya sistem pengontrolan, karena pada tahun 2018 lalu sekitar 5.000 pendaftar saat itu masih banyak yang salah alamat mengirimkan berkas fisiknya. “Pada intinya sama, yang membedakan tidak ada pengiriman berkas fisik. Semua syarat di scan lalu diupload. Karena juga ada tambahan di aplikasi di fitur. Kemarin kan dari aplikasi langsung ke admin SSCN sekarang ada validasinya. Jadi kalau berkas fisik lagi jadi 3 kali, lama prosesnya. Sekarang dua-duanya on line. Dulu kan ada verifikasi berkas fisik baru ke on line. Sekarang dua kali cuman sama-sama on line. Artinya kita tidak lagi menggunakan jasanya Pos,’’ tegas Budi.

Bagi calon pelamar diharapkan untuk selalu mencermati berkas yang diupload melalui aplikasi nantinya. “Kuncinya di pelamar itu sendiri. Jadi betul-betul dia harus cermat, jangan yang diupload itu fotocopyan harus yang asli,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *