Empat Lagi Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Warga asal Kabupaten Sumbawa yang dipulangkan dari Wamena – Papua kini bertambah. Beberapa hari lalu tujuh orang telah tiba di Sumbawa, kini bertambah empat orang lagi telah berada di kampung halamannya.

Keempat warga tersebut terdiri dari seorang perawat laki-laki, istri TNI dan anaknya serta adiknya yang masih pelajar. Tibanya mereka disambut Bupati Sumbawa – M Husni Djibril di ruang kerjanya Senin (7/10/2019), didampingi Sekda Sumbawa – Hasan Basri, Kepala Dinas Sosial Sumbawa – A Yani, serta lainnya. ‘’Yang pertama kita bersyukur sebagai Kepala Pemerintah di Kabupaten Sumbawa ini kita bahagia, bangga, kita bisa membantu warga Sumbawa yang ada di Wamena. Dan itu melalui kontak langsung antara saya dengan mereka,’’ tutur Bupati kepada wartawan usai pertemuan.

Bupati mengaku intens melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, dalam upaya memulangkan warga Sumbawa yang ada di Wamena, menyusul saat itu terjadi kerusuhan di daerah setempat. “Itulah kebanggaan saya bisa menyelematkan mereka. Bukan berarti mereka dalam keadaan gawat, tapi susahnya dibawa kemana. Tapi lebih cepat maka lebih baik. Sampai perjalanan dari Wamena yang rombongan pertama itu, Wamena – Jayapura. Itu langsung diprioritaskan keberangkatannya. Kemudian dari Jayapura kita yang menanggung, itu sampai di Bali, dari Bali – Lombok, dan Lombok – Sumbawa,’’ terangnya.

Begitu pula terhadap empat warga yang baru tiba tersebut. Upaya pemulangan mereka juga terus diperjuangkan. ‘’Kemudian robongan kedua empat orang ini, dari Wamena ke Jayapura, dari Jayapura ke Ujung Pandang, dari Ujung Pandang sampai ke Lombok, baru tadi malam mereka sampai Sumbawa melalui perjalanan darat yang diantar oleh Pemerintah Provinsi. Di jemput di bandara, baru diantar ke Sumbawa,’’ ungkap Bupati.

Dengan tibanya empat warga tersebut, artinya sudah ada 11 warga asal Sumbawa yang berhasil dipulangkan dari Wamena. Sementara lima orang lainnya, lanjut Bupati, memilih untuk menetap di Wamena. ‘’Syukur Alhamdulillah, mereka berjumlah 11 orang dengan yang sekarang ini. Yang sisanya kalau saya tidak salah lima orang, itu sudah berketetapan hati untuk tetap disana dan tidak mau pulang. Itu sudah kita ingatkan supaya hati-hati, jaga diri, kalau ada apa-apa segera kembali ke Kodim. Mohon doa dari masyarakat Sumbawa, mudah-mudahan sahabat-sahabat kita yang ada di luar itu dalam keadaan selamat,’’ demikian Haji Husni. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *