RSSM, Unsa dan Pemdes Leseng Teken MoU Tangani Masalah Kesehatan

Sumbawa, PSnews – Penanganan masalah kesehatan di tengah masyarakat tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah, namun juga pihak swasta, seperti Rumah Sakit Surya Medika (RSSM) PKU Muhammadiyah Sumbawa dan Universitas Samawa (Unsa). Kedua institusi itu melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu, pada Rabu (11/9/2019). MoU dilakukan dalam upaya menangani masalah kesehatan di wilayah setempat. Kegiatan itu menjadikan Leseng sebagai salah satu contoh desa sehat di Kabupaten Sumbawa.

Direktur RSSM Sumbawa – dr. Yogi Triatmakusuma dalam sambutannya mengungkapkan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2013 tentang gerakan percepatan perbaikan gizi, salah satu pointnya menyebutkan desa harus memaksimalkan segala potensi yang ada, baik dari dana desa, APBDes ataupun dari kearifan lokal. “Disitulah fungsi dari RSSM masuk. Jadi dari point itu secara turunan kami juga legal. Kita masuk di sini bukan karena Unsa saja, tapi dari segi Peraturan Presiden bahwa instansi swasta juga memiliki wadah untuk membantu desa mempercepat hal-hal tersebut (kesehatan). Pada intinya kami siap mendukung apapun yang berkaitan dengan kesehatan, khususnya di Desa Leseng,’’ terangnya.

Mengingat RSSM di bawah organisasi Muhammadiyah, dokter Yogi mengungkapkan kalau masalah kesehatan ini merupakan salah satu program yang dijalankan Muhammadiyah. Terutama dalam hal mendorong pelaksanaan terpadu bidang kesehatan fisik, jiwa, iman dan sosial.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Leseng – Syafruddin mengatakan, jumlah penduduk secara keseluruhan sebanyak 3.352 jiwa atau 927 KK, yang tersebar di delapan dusun. Bagi penduduk usia 0-6 tahun berjumlah 204 jiwa, status gizi balita untuk saat ini dalam keadaan sehat. “Di Kecamatan Moyo Hulu ini, Desa Leseng tidak termasuk sebagai desa stunting. MoU yang dilakukan ini sangat luar biasa. Maka kami mohon bagi semua masyarakat Desa Leseng untuk mendukung setiap kegiatan yang kita laksanakan. Karena ini murni untuk kebaikan masyarakat semua,’’ tukasnya.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsa – Ike Ulan Ayu juga mengaku sangat mendukung kegiatan dimaksud. Ketika RSSM bergerak dibidang kesehatan, maka pihak Unsa disini mendukung penuh dengan memberikan kegiatan penelitian dan pengabdian bagi masyarakat. “Kita mendukung penuh kegiatan dari kerjasama ini. Unsa mendukung penuh program kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk pengembangan Desa Leseng menuju desa mandiri, khsusunya bidang kesehatan,’’ tuturnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *