Bupati : Idul Adha Momentum Mengasah Kepedulian Sosial terhadap Sesama

Sumbawa, PSnews – Dalam momentum Idul Adha tahun 2019, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama. Hal itu juga sejalan dengan tema Idul Adha ‘Melalui Idul Adha Kita Bangun Semangat Kepekaan Sosial Sebagai Sarana Taqarrub Ilallah’.

‘’Idul Adha merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama, serta membangun kualitas diri sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan kehidupan,’’ kata Bupati dalam sambutannya pada perayaan Idul Adha di Lapangan Pahlawan Sumbawa, Minggu (11/8/2019).

Sholat Idul Adha di Lapangan Pahawan Sumbawa Besar

Bupati mengingatkan kembali seluruh masyarakat terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2018 lalu. ‘’Untuk itu, momentum Idul Adha kali ini hendaknya dapat semakin memperteguh keimanan kita kepada Allah, sekaligus menggugah kembali tali solidaritas kita, dengan senantiasa berempati kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah maupun yang lemah secara ekonomi. Sifat kerelaan, mau berkorban dan tolong menolong hendaknya menjadi bagian dari langkah kita sehari-hari, dalam membangun kebersamaan, mewujudkan masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan, sehingga saat ini, dalam berbagai bidang, Kabupaten Sumbawa telah mampu berdiri sejajar dengan kabupaten/kota lainnya. Bahkan dari perspektif Indeks Pembangunan Manusia (IPM), berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2018, IPM Kabupaten Sumbawa berada pada angka 66,77 meningkat 3 poin dari tahun 2015 yang hanya sebesar 63,91. ‘’Alhamdulillah, angka tersebut juga memberikan gambaran kepada kita bahwa aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat sebagai dimensi pembentuk IPM telah mengalami peningkatan di daerah yang kita cintai ini,’’ tandas Haji Husni.

Terhadap 299 jamaah Haji asal Kabupaten Sumbawa yang saat ini sedang berada di tanah suci Mekkah, Bupati juga mengajak seluruh umat muslim di Sumbawa untuk berdoa, agar para jamaah diberi kekuatan dan dimudahkan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji-nya. Sehingga dapat kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat, dapat kembali berkumpul dengan orang-orang yang dicintai, serta dapat menjadi haji dan hajjah yang mabrurdan mabrurah. ‘’Tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menyalurkan kurban, sadaqah dan infaqnya kepada pihak panitia untuk disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga di masa yang akan datang, kita dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita melalui kegiatan-kegiatan ibadah seperti ini,’’ demikian Bupati.

Sementara, Ustad Ardi Suzami dalam khotbahnya mengajak para jamaah untuk merenungi, pengorbanan apa saja yang telah dilakukan demi kejayaan umat dan kemajuan Tana’ Samawa, seperti catatan sejarah yang telah dituliskan oleh para tokoh Sumbawa terdahulu.

Dikatakan, dalam kehidupan modern saat ini, masyarakat berlomba mengejar kekayaan, kesuksesan dan jabatan dunia, yang pada akhirnya akan musnah. Sementara apa yang diqurban hari ini akan menjadi teman kekal dan menjadi saksi dihari akhir nanti sebagai kebahagian yang hakiki.

Berqurban bukan hanya terbatas pada qurban nahr dengan menyembelih hewan, akan tetapi dapat dimaknai juga sebagai bentuk amalan yang kita niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, jelasnya.

Selepas melaksanakan sholat Idul Adha, Bupati bersilaturrahim dengan masyarakat di Pendopo Bupati Sumbawa, dan menyaksikan langsung kegiatan penyembelihan hewan qurban. Pada Idul Adha tahun ini, Bupati Sumbawa melaksanakan qurban, yaitu 2 ekor sapi yang di serahkan ke PHBI Sumbawa dan di Kecamatan Utan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *