Dana Desa di Lunyuk Meningkat, Kades Diminta Amanah dalam Mengelola

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM. Husni Djibrilmemimpin rombongan safari ramadhan jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Lunyuk pada kamis malam (16/5/2019). Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di bulan ramadhan ini dihajatkan untuk memupuk silaturrahim antara pemerintah dengan ulama dan umat (masyarakat), sekaligus untuk memantau kondisi masyarakat.

Bupati saat Safari Ramadhan di lunyuk

Dalam sambutannya, Bupati meminta para Kepala Desa di Kabupaten Sumbawa untuk amanah dan professional dalam mengelola dana desa. Apalagi untuk tahun 2019 ini desa-desa khusus di Kecamatan Lunyuk mendapatkan dana desa total sebesar Rp. 11.504.236.200, meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dengan begitu, Bupati berharap peningkatan jumlah dana desa tersebut bisa sejalan dengan kemampuan desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, yang diharapkan berdampak pada penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan serta pelayanan kepada masyarakat desa secara keseluruhan. Hal tersebut penting mengingat realitas yang ada saat ini menunjukkan bahwa kapasitas perangkat desa dalam mengelola keuangan secara profesional, transparan dan akuntabel relatif masih terbatas. “Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Inspektorat, masih ada temuan-temuan yang bersifat material atau beresiko, seperti belanja modal yang dilaporkan telah terealisasi padahal belum dibeli, serta temuan-temuan lainnya yang berpotensi menimbulkan kerugian-kerugian yang lebih besar, karena itu para kepala desa saya minta untuk mengelola dana desa secara jujur dan professional sesuai aturan yang ada,’’ pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada Camat beserta jajarannnya agar lebih intensif melakukan pembinaan dan pengawasan kepada para kepala desa agar dapat mengelola keuangan desa sesuai dengan regulasi dan panduan yang telah ditentukan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *