OPINI : Bergerak Bersama Selamatkan Bumi Kita

Oleh : (Dani Wijaya & Ani Sulastri) ~ Sobat Bumi Sumbawa

Pantai Ai Lemak yang berada di kawasan Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa, NTB terkenal sebagai salah satu pantai yang kurang bersih. Padahal, pantai ini menjadi salah satu lokasi yang sering dijadikan sebagai area rekreasi, kegiatan camping dan tempat berlibur bersama keluarga maupun kerabat terdekat. Pantai Ai Lemak tidak hanya di kunjungi oleh masyarakat Sumbawa melainkan juga masyarakat luar Sumbawa. Namun, pengunjung dan masyarakat sekitar tidak menyadari betapa penting selalu menjaga kebersihan lingkungan agar lokasi Pantai Ai Lemak sebagai lokasi wisata ini tidak laksana tempat pembuangan sampah. Beberapa jenis sampah yang sering dijumpai di kawasan pantai ini seperti botol minuman, bungkusan makanan, sandal bekas pengunjung hingga sampah rumah tangga

Kondisi pantai sebelum dibersihkan

Melihat kondisi pantai yang tidak layak tersebut Sobat Bumi (SOBI) Sumbawa bersama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Teknologi Sumbawa (IKA UTS) menginisiasikan aksi pelestarian lingkungan (Beach Clean Up) sekaligus pengolahan sampah anorganik menjadi eco-brick (31/03/2019). Kegiatan ini bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswi UTS, STKIP Para Cendikia, Komunitas Remaja Peduli Lingkungan Labuhan Badas dan Komunitas Sumbawa Gemilang serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa sebagai penyedia jasa truk angkutan sampah, Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2019 dengan mengangkat tema “Free our water”. Kegiatan Bersih-bersih Pantai Ai Lemak tersebut dilakukan disepanjang pesisir kawasan wisata pantai yang bertujuan untuk ikut menjaga dan membuat pantai  Ai Lemak menjadi bersih dan bebas sampah. Selain itu kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terutama ekosistem pantai disepanjang kawasan pantai. Harapannya pula kegiatan ini akan menarik perhatian pemerintah daerah, khususnya lembaga pemerintahan bidang lingkungan, agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan di daerah Sumbawa. Tidak hanya Pantai Ai Lemak, tetapi juga seluruh wilayah di daerah Sumbawa dengan semboyan Sabalong Samalewa. Kami juga ingin agar daerah pantai ini yang menjadi tempat wisata masyarakat Sumbawa mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah. Kami yakin kebersihan lingkungan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia khususnya di Sumbawa Tanah Intan Bulaeng.

Proses pembersihan oantai

Pantai salah satu ekosistem yang memiliki peranan sangat penting bagi keseimbangan lingkungan hidup. Pantai juga dapat menjadi penyedia sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia untuk kesejahteraan hidup baik bagi nelayan untuk mencari nafkah serta sebagai tempat wisata. Ekosistem pantai apabila telah terganggu pasti akan merusak keseimbangan  lingkungan hidup. Pembuangan sampah seperti sampah plastik bekas makanan dan minuman di kawasan pantai menjadi salah satu faktor perusak keindahan ekosistem pantai. Sampah yang dibuang di pesisir sangat sulit terurai, akibatnya, sampah pun lama – kelamaan menumpuk sehingga berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan pengunjung ataupun masyarakat sekitar lokasi tersebut.

Sampah dimasukkan ke dalam plastik untuk dibuang ke TPA

Sampah anorganik yang berserakan di laut mengandung zat kimia bersifat racun dan akan mencemari laut. Padahal sebagian hewan laut menganggapnya sebagai makanan. Jika hewan laut memakan sampah tersebut, dapat menyebabkan gangguan kesehatan, bahkan kematian bagi organisme hidup di sekitarnya, sehingga mengurangi keindahan pantai khsusunya Pantai Ai Lemak.

Kegiatan kami ini sederhana. Namun, kami percaya langkah kecil ini dapat berkontribusi bagi kelestarian lingkungan. Jika generasi muda tidak mau membuat perubahan dan merawat untuk bumi tempat kita tinggal, kita sendiri yang akan menanggung akibatnya dikemudian hari akibat alam yang tidak bersahabat lagi dengan kita. Oleh karena itu, menjaga kelestarian dan keasrian pantai Ai Lemak ini adalah sebuah kewajiban bersama dari seluruh elemen masyarakat sekitar, pemerintah dan masyarakat Sumbawa khususnya. (***)

Penulis

Salam Sobat Bumi
CINTAI BUMI, SELAMATKAN BUMI !
TIDAK PEDULI BUMI SILAHKAN NGUNGSI DARI BUMI !

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *