Maksimalkan Penyerapan Gabah, Bulog Sumbawa Butuh Tambahan Mitra Kerja

Sumbawa, PSnews – Meski saat ini Perum Bulog Sub Divre Sumbawa sudah memiliki puluhan mitra kerja, namun jumlah itu tetap dianggap masih kurang. Apalagi dalam upaya memaksimalkan penyerapan gabah petani di dua kabupaten yakni Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Kepala Bulog Sumbawa – Heri Sulistiyo mengungkapkan, pihaknya memiliki 23 mitra kerja, yang ada terdiri dari 20 penggilingan milik swasta dan 3 milik Gapoktan. Seluruh mitra tersebar di dua kabupaten. “Untuk mencapai target harus lebih banyak lagi. Terutama di wilayah KSB, Taliwang ke arah bagian timur Sateluk itu,’’ terangnya.

Menurutnya, guna menambah mitra kerja Bulog, pihaknya bakal mengundang kelompok tani ketika memasuki masa panen. Tujuannya untuk mengajak mereka menjadi mitra kerja. Karena berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pertanian, pihaknya mendapatkan data Gapoktan yang sudah diberi bantuan mesin penggiling dan pengering.

Selain itu, untuk menjadi mitra kerja Bulog saat ini bisa dari mana saja, mulai Badan Usaha, Koperasi hingga perorangan. Asalkan yang bersangkutan dapat memasok beras sesuai harga dan kualitas yang sudah ditetapkan. ‘’Keuntungannya bagi mitra, jaminan pembayarannya langsung kita bayar tunai, pagi itu barang masuk gudang kita, langsung dibayar hari itu juga. Kemudian berapa pun jumlahnya pembayarannya semua kita bayar, gak bertahap. Jadi  kalau hari ini 100 ton kita bayar langsung,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *