Rp89,802 Miliar Bantuan Gempa untuk Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah di Provinsi NTB yang terdampak gempa. Dalam kunjungannya Minggu (26/8/2018), Menteri Sosial RI – Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan bantuan sebesar Rp 89,802 miliar untuk penanganan korban gempa, yang diterima secara simbolis Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril di posko utama penanggulangan gempa di halaman kantor Bupati Sumbawa.

Terhadap bantuan tersebut, Pemerintah Pusat berjanji akan memberikan masing-masing Rp 10 juta bagi rumah rusak ringan, Rp 25 juta bagi rumah rusak sedang, dan Rp 50 juta  bagi rumah rusak berat. Selain anggaran, Kementerian Sosial juga akan memberikan beberapa pelatihan kepada masyarakat.

Bupati Sumbawa mengunjungi tenda-tenda pengungsi yang dibangun seadanya

Selain itu, korban akan diberikan bantuan saat memasuki masa rehabilitasi atau rekonstruksi, seperti peralatan rumah termasuk peralatan dapur. Dan dana jaminan hidup Rp 300 ribu per kepala, maksimal selama tiga bulan. “Kita juga akan berikan bantuan banjir Februari lalu yang pernah dijanjikan Mensos. Satu unit mobil tanki air dan mobil rescue yang diminta pak Bupati, tolong dibuatkan permohonannnya. Dan kita akan pertimbangkan segera bantu, agar mempermudah proses yang harus dilakukan pemda dalam membantu masyarakat,’’ tandasnya.

Mensos Agus yang mengaku akan bertekad kembali lagi ke Kabupaten Sumbawa, bukan  untuk mengurus bencana, tapi membicarakan program. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *