Main Hp Saat Berkendara Jadi Sasaran Operasi Patuh Gatarin 2018

Sumbawa, PSnews – Polres Sumbawa mulai menggelar Operasi Patuh Gatarin 2018 untuk mengantisipasi dampak modernisasi terhadap perilaku bertransportasi masyarakat. Salah satu yang akan disasar yakni penggunaan ponsel dalam berkendara. Operasi ini digelar mulai Kamis, 26 April 2018 hingga 9 Mei mendatang.

‘’Untuk target operasi tahun ini ada tujuh target yang harus kita laksankan. Salah satunya pengendara yang menggunakan handphone saat mengendarai kendaraan. Sebab penggunaan ponsel masih kami lihat jadi penyebab kecelakaan,’’ kata Kasat Lantas Polres Sumbawa – AKP Gusriyadi Abustan, usai apel kesiapan Operasi Patuh Gatarin di Halaman Polres Sumbawa, Kamis (26/4/2018).

Selain itu, operasi ini juga menindak pengendara motor tidak menggunakan helm, pengemudi roda empat tidak menggunakan safety belt, mengemudikan kendaraan melebihi batsa kecepatan, mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk, pengendara dibawah umur (anak-anak) dan mengemudikan kendaraan melawan arus.

Menurutnya, ini merupakan  operasi terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Untuk di Kabupaten Sumbawa melibatkan 60 personil gabungan. ‘’Operasi ini, di Polres Sumbawa melibatkan 60 personil terdiri dari Satuan Lalu Lintas sebanyak 36 personil, di back up TNI 2 personil, Brimob 2 personil dan sisanya gabungan Satker yang ada di Polres,’’ ungkapnya.

Operasi patuh berbeda dengan operasi keselamatan yang mengedepankan himbauan dan teguran baik tertulis maupun langsung. Dimana bagi pengendara yang melakukan pelanggaran, maka akan diberikan penindakan secara hukum yakni dengan penilangan. ‘’Harapan kami dalam rangka operasi patuh gatarin 2018 ini kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa agar lebih tertib berkendara, mematuhi lalu lintas agar selamat di jalan. Sehingga angka kecelakaan di Kabupaten Sumbawa menurun dari tahun ke tahun,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *