500 Pelajar Sumbawa Ikuti PORKAB 2018

Sumbawa, PSnews – Sekitar 500 pelajar SD, SMP dan SMA yang berasal dari sekolah-sekolah se Kabupaten Sumbawa, mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (POPKAB) Tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa pada Kamis (1/3/2018), di GOR Mampis Rungan.

Ketua panitia – Sartono dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk pembibitan atlet pelajar di Kabupaten Sumbawa, untuk dibina dan menjadi wakil Kabupaten pada kompetisi-kompetisi yang lebih tinggi baik regional maupun nasional. ‘’Atlet terbaik dari hasil POPKAB akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi NTB yang akan dilaksanakan tanggal 25 sampai dengan 30 Maret yang akan datang,’’ terangnya.

Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik – H Burhan berharap event tersebut dapat menjadi ajang pembibitan dan pembinaan olahraga di Kabupaten Sumbawa. Dari POPKAB yang tentunya harus dilaksanakan secara baik dan konsisten dari tahun ke tahun, diharapkan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi di tingkat Regional, Nasional, bahkan Internasional.

Bupati juga menekankan kepada semua pihak, khususnya Dispopar serta jajaran KONI Kabupaten Sumbawa agar penyelenggaraan POPKAB yang merupakan kewajiban bagi Pemda sebagaimana termuat di dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, hendaknya diselenggarakan dengan tetap memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip penyelenggaraan keolahragaan itu sendiri, yakni tersosialisasikannya olahraga, terjaringnya bibit atlet potensial, meningkatnya kesehatan dan kebugaran, meningkatnya prestasi olahraga, terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatnya ketahanan nasional. Disamping itu pula, keselamatan dan keamanan selama pertandingan, hendaknya harus mendapat perhatian dan penanganan yang memadai. ‘’Para atlet pelajar yang hadir saat ini tentunya datang ke tempat ini dengan satu tekad, yakni bertanding dan meraih prestasi tertinggi. Saya mengingatkan agar prestasi tersebut hendaknya kalian raih dengan cara-cara yang sportif dan terhormat. Semangat kalian adalah untuk bertanding dan berjuang membawa nama sekolah masing-masing. Untuk itu, hindari hal-hal yang dapat merusak citra pelajar dan menodai makna berolahraga,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *