Kelurahan Seketeng dan Brang Biji Diusulkan Dimekarkan

Sumbawa, PSnews – Kecamatan Sumbawa sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi masyarakat Sumbawa Besar memiliki 7 kelurahan terdiri dari, Brang Biji, Brang Bara, Lempeh, Pekat, Uma Sima, Seketeng dan Samapuin. Diantara Kelurahan tersebut, Brang Biji kini dimungkinkan untuk mekar karena luas wilayah administrasinya yang cukup luas dan masyarakat yang harus dilayani juga begitu banyak. Sehingga muncul wacana dari akar rumput (masyarakat, red) untuk memekarkan lingkungan Kebayan di Kelurahan Brang Biji menjadi Kelurahan tersendiri atau keluar dari Kelurahan Brang Biji.

Bagi Camat Sumbawa, Mulyadi, S.Sos., wacana tersebut sebenarnya telah dibahas menjadi sebuah rencana kerja dengan pihak Kelurahan dan Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa. Namun yang paling penting nantinya jika terjadi pemekaran adalah batas wilayah administrasi Kelurahan hasil pemekaran dan Kelurahan induk harus jelas.

Di samping Brang Biji Camat Sumbawa menambahkan, Kelurahan Seketeng juga berpotensi untuk dimekarkan. “Karena luas wilayahnya cukup untuk dimekarkan. Tinggal bagaimana upaya untuk mengusulkannya ke pemerintah daerah,” kata Mulyadi.

Ia menegaskan, dalam pemekaran tersebut nantinya harus benar-benar memperhatikan batas-batas wilayah. Karena selama ini sering terjadi sengketa atau konflik batas antar Desa atau Kelurahan di sejumlah Kecamatan.

Jika telah dimekarkan, maka Kelurahan hasil pemekaran harus sudah menyiapkan sarana dan prasarana. Jangan sampai masih bergantung dengan Kelurahan induk.

“Jangan mekar dulu tapi fasilitasnya belum siap. Jadi harus siap semuanya, pemerintah daerah bersama DPRD akan menyetujuinya kalau semua prasarana dan sarananya sudah siap,” tandas Camat.

Ia sangat yakin dengan adanya pemekaran nantinya maka akan lebih menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *