Rumah Zakat Qurbankan 576 Ekor Hewan Ternak

Sumbawa, PSnews – Memasuki tahun ketiga di Sumbawa Besar, Rumah Zakat (RZ) pada hari raya Idul Adha yang akan dirayakan pada Kamis (24/09/2015) mendatang akan menyembelih sebanyak 570-an ekor hewan ternak jenis sapi. Kini hewan-hewan yang siap disembelih tersebut berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Dusun Bangkong, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas.

Menurut Bagian Program RZ di Sumbawa, Hermansyah, penyembelihan hewan qurban tersebut merupakan salah satu program pihaknya di Sumbawa. Selama ini, RZ bekerja sama dengan para pengusaha ternak lokal dan pemerintah Sumbawa untuk menyeleksi hewan yang akan dikurbankan di Hari Raya Idul Adha.

Ia mengutarakan, RZ membina para peternak dan pengusaha ternak di Sumbawa. Kemudian pada waktu tertentu hewan milik pengusaha dan peternak dibeli dan dipelihara untuk dijadikan hewan qurban di tahun ini.

“Saat ini ada 576 ekor. Beberapa diantaranya sudah melalui seleksi oleh Dinas Peternakan untuk menentukan hewan-hewan yang layak untuk dipotong. Agar manfaatnya bisa maksimal untuk masyarakat,” tambah Herman.

Ia memaparkan, dalam hal ini RZ mengolah daging hewan qurban menjadi kornet agar daya manfaatnya lebih luas dan lebih panjang. Sepanjang 2015 dari Januari hingga Agusustus, RZ sudah menyalurkan sebanyak sekitar 191.000 kaleng kornet kepada masyarakat.

“Beberapa waktu yang lalu kami juga sudah membantu bencana gempa di Nepal. Kurang lebih ada 10.000 kaleng kornet yang sudah disalurkan di sana,” tambahnya.

Juga bekerjasama dengan program Badan Kesejahteraan Rakyat (Bakesra) milik pemerintah yang disalurkan sekitar 80.000 kaleng kornet di pulau terluar di Nusantara dan wilayah rawan kekeringan lainnya sebagai wilayah yang diprioritaskan untuk penyaluran hewan qurban.

Menurutnya, di tahun ketiga ini jumlah hewan qurban semakin meningkat. Hal ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat dan pemerintah kepada RZ dalam mengelola zakat hewan qurban.

“Mudah-mudahan hasil dan amanah yang diemban kepada kami dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat umum dan stakeholder yang ada,” pungkas Hermansyah. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *