Ibu Rumah Tangga Diberdayakan untuk Produksi Coconet

Sumbawa Barat, PSnews – CV Hijau Bersama di Kecamatan Maluk, yang dipimpin Joko Sugiarto, kini memasuki tahun kedua dan telah mempekerjakan sekitar 20 orang karyawan para ibu rumah tangga.

Produksi coconet
Produksi coconet

CV Hijau Bersama, bergerak di usaha produksi coconet yang digunakan untuk kebutuhan proyek reklamasi di tambang Batu Hijau, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Coconet merupakan produk terbaru yang sangat cocok dengan pola reklamasi lahan bukaan tambang dengan kemiringan lereng 26,6 derajat. Karena bisa menahan laju erosi dan menjadi pupuk bagi tanaman reklamasi.

Menurut Joko Sugiarto, selaku komisaris perusahaan, saat ini perusahannya mempekerjakan para ibu rumah tangga. Pelibatan para ibu rumah tangga tersebut sebagai bentuk pemberdayaan bagi mereka.

“Ada usulan untuk mempekerjakan ibu-ibu ketimbang mereka tidak ada kerjaan. Masyarakat ingin kerja di rumah tapi menghasilkan, dengan cara ini mereka bisa berpendapatan. Lumayan  pendapatan per bulan bisa sampai Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Mereka juga bekerja sistem borongan,” kata Joko Sugiarto.

Joko Sugiarto
Joko Sugiarto

Joko menjelaskan, oleh PTNNT produk Coconet dibeli seharga Rp 2.800 per kg. Kalau kualitas bagus bisa diharga hingga Rp 3000 sampai Rp 3700.

Pekerja coconet, Rosmiati, mengaku pekerjaan ini membuatnya punya kesibukan dan menghasilkan uang untuk menghidupi satu anaknya. Janda satu anak tersebut sudah bekerja selama dua tahun di CV Hijau Bersama, ia  sebelumnya bekerja sebagai buruh pabrik di Jakarta. “Dulu di sini diajak kakak kandung, kakak saya sudah pulang dan saya menggantikannya. Alhamdulillah saya bisa bayar kos, uang makan dan dikirim untuk anak di kampung,” kata Ros.

ibu rumah tangga antusias membuat coconetIa menambahkan, meski bekerja sejak pagi hingga pukul 10 malam, namun pekerjaan ini dirasa  mudah dan menyenangkan apalagi ramai teman seprofesi dan seharian waktunya dihabiskan di lokasi bekerja. Ia pun bisa berpendapatan lebih dari 50 ribu per hari. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *