Pemda Diminta segera Bersikap terkait Keluhan Para Dokter RSUD Sumbawa

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sumbawa Nanang Nasirudin SAP.M.M.Inov angkat bicara terkait dengan permasalahan yang terjadi di BLUD RSUD Kabupaten Sumbawa. Dia meminta kepada Pemda melalui perangkat yang terkait dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti Dewan Pengawas untuk menyikapi secara serius. “Mari kita dengarkan semua pihak yang mengurusi rumah tangga Rumah Sakit ini. Tentunya pihak yang bisa melakukan itu adalah Dewan Pengawas yang telah di SK-kan oleh Bupati Sumbawa. Meski ada usulan untuk membentuk tim Independen yang mengaudit keuangan Rumah Sakit, kami menyarankan agar Pemda sendiri lebih dahulu mengecek dan memeriksa kondisi Rumah Sakit. Kita punya Inspektorat, Dewan Pengawas dan Bupati Sumbawa dengan Perangkatnya memiliki kewenangan untuk melakukan itu,” urai Nanang yang juga Koordinator Komisi IV yang membidangi Kesehatan ini.

Semua yang disampaikan oleh para dokter sebagai informasi awal, sehingga komisi teknis dapat meninjau ke lapangan terkait ondisi saat ini.

Kemudian lanjut Nanang, Permasalahan revitalisasi Rumah Sakit adalah super prioritas dalam pembangunan di daerah. “Sungguh ironis manakala garda terdepan dalam cipta kondisi masyarakat yang sehat, kondisinya sakit. Ini sangat kita prihatin sekali. Sementara ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan prima, bahkan harus memenuhi standar pelayanan minimal atau SPM kesehatan itu wajib dipenuhi. Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Menurut Nanang, kehadiran para dokter dan tenaga paramedis ke gedung dewan hari ini adalah hal yang sangat luar biasa, sehingga wajib bagi Pemda untuk mendengarkan karena pemerintah bertanggung jawab memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan. “Pemerintah Daerah harus mengambil sikap, segera turun mengambil data valid, apa saja yang menjadi keluhan dari para dokter, perawat dipelajari dan disampaikan kepada Kepala Daerah sehingga apa yang menjadi temuan tersebut sebagai dasar Lembaga ini bersikap memberikan rekomendasi. “Jangan sampai dengan situasi seperti ini rumah sakit kita lumpuh, dan yang rugi adalah masyarakat kita,” ungkasnya. (PSruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *