Bedah Buku Manambai Sang Inspirator & Motivator, Abdul Rafiq : Bang Nurdin Ranggabarani Juga Sang Motivator

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Ketua DPRD Sumbawa diberikan mandat untuk membuka secara resmi bedah buku berjudul “Manambai Sang Inspirator & Motivator“. Buku yang ditulis oleh Nurdin Ranggabarani tersebut berisikan berbagai kiprah seorang perwira tinggi Angkatan Laut asal Sumbawa, yakni Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir.

Bedah buku ini diadakan oleh Yayasan Sumbawa Bangkit (YSB) dan Museum Bahari Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir, bekerjasama dangan Direktorat Kemahasiswaan & Alumni Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS). Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan 93 tahun kelahiran Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir yakni 28 November 1928.

Bedah buku ini digelar pada Minggu ( 28/11) di Hall Ruang Publik Kreatif Universitas Teknologi Sumbawa. “Para pendahulu kita sudah membuat sejarah. Laksamana Abdul Kadir Manambai telah membuktikan itu. Jadi jangan takut generasi sekarang ini membuat trobosan dengan akses yang sudah tersedia. Maka pemikiran anak-anak Sumbawa harus mampu sejajar dengan provinsi lainnya bahkan negara lainnya. Sebagai mana Tagline UTS Membumi dan Mendunia,” ujar Nurdin Rangbarani.

Mengawali acara bedah buku tersebut Penulis mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta tepat di hari lahir Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir ke-93. “Saya mengajak Ketua DPRD Sumbawa, Direktur Direktorat Kemahasiswaan & Alumni Universitas Teknologi Sumbawa, para dosen dan mahasiswa, Civitas Akademika, panitia penyelenggara dan seluruh peserta yg hadir, untuk berdiri dan menundukkan kepala sejenak, guna mengheningkan cipta, mengenang jasa perjuangan, pengorbanan dan pengabdian beliau,seraya berdoa dan mengirimkan Surat Al-Fatehah, untuk arwah almarhum Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir,” ajaknya.

Menurut Nurdin, prestasi sukses yang membanggakan dari seorang Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir, patut dicatat dan diabadikan dengan tinta emas. Sehingga tidak hilang dan berlalu begitu saja, tertimbun, tertelan zaman, guna dipetik hikmah dan pembelajaran positifnya oleh masyarakat Tana Samawa dan Nusa Tenggara Barat, khususnya generasi muda.

Hal tersebut penting sehingga dapat menjadi inspirasi, motivasi dan kebanggaan bersama, untuk kemudian menjadi pendorong semangat, daya pacu dan rasa percaya diri, bahwa ternyata sumberdaya manusia Tau Samawa dan NTB pun, memiliki keunggulan yang patut dibanggakan. Sejajar dengan para tokoh dan pejuang bangsa lainnya. Sebagaimana prestasi yang pernah dicatat dan dipersembahkan oleh Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir kepada negeri tercinta ini. Berbekal kebanggaan dan rasa percaya diri itulah, kita melangkah tegap dengan kepala tegak dan gagah. Setegap dan segagah Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir. “Old soldier Never Die. Tiada akhir perjalanan bagi seorang pejuang. Teruslah hidup memberi inspirasi dan motivasi. Selamat hari lahir ke-93 Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir,” pungkas Nurdin.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq memberikan apresiasi atas segala dedikasi yang telah dilakukan Nurdin Ranggabarani. “Pemikiran Bang Nurdin Ranggabarani sudah melampaui generasi beliau. Tidak heran beliau adalah Sang Motivator ulung generasi saat ini dan yang akan datang. Semua orang bisa menulis buku, tapi tidak semua politisi bisa menulis sejarah para pahlawan yang berasal dari Sumbawa. Beliau tidak hanya sebagai penulis buku Zainuddin Al-Tepali, Prof. Mala, maupun buku Laksmana Manambai Abdul Kadir. Tapi beliau mampu menyelaminya dan menarasikan dengan sangat menyentuh, sehingga orang yang membacanya menjadi tergugah dengan setiap karya beliau,” ucap Abdul Rafiq.

Tampak hadir di acara tersebut Perwakilan Rektorat UTS, Jajaran Direktorat Kemahasiswaan & Alumni UTS. Mgr. Putri Indah Kencana, ST. mahasiswa, dan segenap Civitas Akademika universitas Teknologi Sumbawa. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *