OPINI : Service Excellence Nurse during a Pandemic in Manambai Abdulkadir Hospital

Oleh: Nikodimus Margo R,S.Kep.Ns.,M.Kep (STIKES Griya Husada Sumbawa )

Perkembangan dunia keperawatan sangat dibutuhkan pasien dan masyarakat yang benar benar bisa memberikan excellence terutama dimasa pandemic covid-19 saat ini. Sebagai perawat perlu menciptakan suatu pelayanan yang baik. Salah satunya adalah service excellence nurs untuk meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan kepada pasien. Pelayanan prima perawat merupakan sikap kepedulian perawat kepada pasien dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan pasien sehingga terwujud pelayanan yang berkualitas dan meningkatkan kepercayaan pasien terhadap pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit.

            Hal ini sejalan dengan penelitian dewi dkk (2013) didapatkan hasil penelitian pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 99% berpengaruh positif. Amin dan Nasharuddin (2013) dalam penelitiannya juga menemukan bahwa suatu rumah sakit dengan menerapkan kualitas pelayanan yang baik akan menyebabkan tingginya kepuasan pengguna layanan tersebut.

            “Melayani Sepenuh hati” adalah Motto dari Rumah Sakit H.L Manambai Abdulkadir. Dalam sosialisasi terhadap perawat di RSMA yang dilakukan penulis 8 September 2021 yang diikuti oleh 30 perawat  yang ditugaskan dalam melayani pasien Covid. Data awal didapatkan berdasarkan hasil pretest dan wawancara didapatkan 60% (18) perawat mampu dalam memahami konsep dasar penerapan pelayanan prima, selain itu masih perlunya peningkatan 5S “ Senyum, Salam,Sapa,Sopan,Santun”.

Dalam Pelayanan prima yang diberikan harus berkualitas dan memiliki enam dimensi mutu yang utama yaitu : Sikap (Attitude), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), Akuntabilitas (Accountability),  Kemampuan (Ability). Pelayanan prima dalam keperawatan merupakan suatu hal yang bersifat luas, salah satu aspeknya adalah pelayanan prima di rumah sakit, yang sangat penting untuk diperhatikan untuk dapat memberikan kepuasan kepada pasien.

Selain itu Penerapan pelayanan prima tidak berarti harus selalu dimulai dengan menciptakan jenis pelayanan yang baru sama sekali. Justru ide dasarnya adalah bagaimana caranya agar dapat meningkatkan pelayanan yang telah ada selama ini agar lebih dirasakan pasien. Dengan demikian, akuntabilitas rumah sakit sebagai lembaga pemberi jasa pelayanan kesehatan akan menjadi lebih tinggi, dan niscaya meningkatkan kepercayaan pasien kepada rumah sakit. ***

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *