Personel Damkar Diharap Tingkatkan Profesionalisme dalam Bertugas

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa sampai saat ini memiliki 168 personel Pemadam Kebakaran (Damkar). Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 102 tahun, seluruh personel Damkar diharap dapat meningkatkan profesionalisme dalam bertugas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Damkar Kabupaten Sumbawa – Tata Kostara kepada media ini, Senin (1/3) di kantor Bupati Sumbawa. tema besar HUT Damkar tahun ini adalah “Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Yang Profesional, Mandiri Dan Melayani Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru”. Hal ini sesuai dengan amanat yang disampaikan Menteri Dalam Negeri – Tito Karnavian yang meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan seluruh aparaturnya untuk bisa meningkatkan profesionalisme dalam melayani masyarakat, dan juga bagaimana agar bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi covid-19 ini, terutama dalam melayani masyarakat yang mengalami musibah kebakaran, dan lainnya. ‘’Kita harus bisa cepat beradaptasi dengan situasi yang ada. Itu amanat dari Mendagri,’’ terangnya.

Diungkapkan, sejauh ini penanganan terhadap musibah di lapangan yang dilakukan personel Damkar bisa berjalan dengan lancar. Namun kedepannya diharapkan agar sumber daya manusia (SDM) di Dinas Pemadam Kebakaran yang berjumlah sekitar 168 orang ini bisa lebih ditingkatkan kompetensinya, baik melalui pelatihan-pelatihan maupun pendidikan-pendidikan. Hal ini bertujuan agar bisa lebih meningkatkan kompetensi dalam melayani masyarakat.

Sementara disinggung terkait fasilitas yang ada, diakui memang masih mengalami kekurangan. Sehingga perlu ada penambahan armada, agar bisa melayani 24 Kecamatan dengan kondisi geografis, jarak tempuh dan lain sebagainya. Untuk itu perlu dibangun pos-pos baru dibeberapa kecamatan, terutama yang belum bisa terlayani secara maksimal. ‘’Yang sudah ada itu di Plampang, Utan dan Lenangguar. Mungkin perlu dibangun di Lunyuk, Empang, Alas,’’ demikian Tata. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *